Skip to main content

10 Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Dibeli

10 Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Dibeli - Semarang merupakan kota terbesar di Jawa Tengah sekaligus ibukota dari provinsi ini. Semarang mempunyai cukup banyak tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Tempat wisata yang ada di Semarang terbilang cukup lengkap. Mulai dari wisata alam, sejarah sampai dengan wisata modern. Sama seperti di kota-kota lain, sayang rasanya jika mengunjungi Semarang tapi tidak membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Baca juga: 10 Oleh-oleh Khas Jogja

10 Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Dibeli


1. Lunpia

www.panoramio.com

Lunpia merupakan makanan perpaduan antara budaya Jawa dan Tionghoa. Makanan ini pertama kali dibuat oleh sepasang suami istri yang berbeda etnis yang tinggal di Gang Lombok, Semarang. Awalnya lunpia hanya berisi daging babi, tapi kemudian isinya diganti dengan berbagai macam jenis salah satunya adalah rebung.

2. Roti Ganjel Rel

achmadyani-airport.com

Roti Ganjel Rel atau yang biasa disebut juga dengan Roti Gambang ini merupakan roti khas Semarang yang saat  ini sudah mulai susah ditemukan. Roti Ganjel Rel ini berwarna cokelat dengan tekstur yang  cukup keras. Salah satu ciri khas dari roti ini adalah aroma kayu manis dan juga taburan wijen yang ada diatas roti. Roti ini biasanya digunakan dalam acara khusus seperti Dugderan.



3. Wingko Babat

food.detik.com

Makan yang dibuat dari tepung ketan, kelapa, dan gula ini banyak disukai orang karena rasanya yang manis dan teksturnya yang sangat lembut dengan bentuk yang cukup kecil. Wingko Babat bisa dijadikan sebagai teman menyantap kopi atau teh.




4. Bandeng Presto

ensiklopediaindonesia.com

Bandeng Presto atau bandeng duri lunak ini juga merupakan oleh-oleh yang wajib dibawa dari Semarang. Jika biasanya orang malas makan ikan bandeng karena banyak durinya, maka bandeng presto ini bisa  dimakan bersama durinya.



5. Tahu Bakso

butuhpiknik.xyz

Tahu bakso adalah tahu yang didalamnya diisi dengan bakso. Makanan ini berasal dari Ungaran, Kabupaten Batang. Cara paling enak untuk memakan tahu bakso ini adalah dengan cara menggorengnya.



6. Batik Semarang

ngestipandowobatik.blogspot.com

Sama seperti daerah lain di wilayah pantai utara Jawa, Semarang juga mempunyai motif batik yang  cukup khas. Batik Semarangan didominasi oleh warna cerah seperti kebanyakan batik pantura pada umumnya.



7. Moaci Gemini

www.agenkuliner.com

Bukan hanya Sukabumi saja yang terkenal dengan kue mochinya, Semarang juga punya Moaci Gemini. Kue kecil dengan tekstur sangat lembut ini didalamnya berisi kacang. Moaci Gemini mempunyai perpaduan rasa antara manis dan gurih.



8. Brillian Super Cake

www.blibli.com

Brillian Super Cake adalah salah satu kue paling legendaris yang ada di Semarang. Kue yang satu ini tetap diburu banyak orang karena tetap mempertahankan citarasa yang sama sejak dulu. Brilliant Supercake ini paling cocok untuk dijadikan sebagai teman untuk minum kopi dan teh.



9. Kaos Costa Brava van Java

seputarsemarang.com

Jika Jogja punya Dagadu, Semarang juga punya kaos unik yang dikenal dengan nama kaos Costa Brava van Java. Kaos didesain dengan berbagai gambar bangunan  yang ada di Semarang dan juga gambar-gambar unik lainnya.



10. Lontong Spekkoek Waiki

www.tokopedia.com

Lontong spekkoek adalah kue lapis yang berbentuk memanjang seperti lontong. Memang agak sedikit aneh saat pertama kali mendengarnya. Tapi justru karena inilah yang membuatnya makanan khas Semarang ini cukup unik.

Comments

  1. sekarang di semarang juga ada loh oleh-oleh khas kota semarang yang kekinian yang terbuat dari olahan wiongko babat, dan pastinya itu bakalan enak banget, yuk yang belum nyoba segera nyoba biar gk penasaran bisa langusng ke outlet atau kunjungi web untuk informasi lebih lengkap https://semarangwingkorolls.net/

    ReplyDelete

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi - Demak adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kota Semarang. Kabupaten ini juga merupakan salah satu kabupaten yang paling bersejarah dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa berkat jasa yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga. Baca juga: 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Sragen Namun tidak hanya itu saja, selain wisata religi Kabupaten Demak juga masih mempunyai banyak sekali pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai dengan wisata industri kerajinan 10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung Demak sumber: bujangmasjid.blogspot.com    Masjid kebanggaan warga Demak dan salah satu masjid tertua di Indonesia ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari Wali Songo dan juga Sultan Patah. Masjid Agung Demak terletak di dekat Alun-alun Demak yang masuk dalam wilayah Kelurahan Kauman, Kecamatan Demak. Masjid ini

10 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Bandung

10 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Bandung - Ngabuburit adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh orang yang berpuasa. Banyak hal atau kegiatan yang dilakukan orang untuk menunggu adzan atau bedug maghrib. Mulai dari yang membaca Al Qur'an sampai dengan jalan-jalanan dan mencari jajanan untuk berbuka. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Jogja 10 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Bandung  1. Alun-alun Bandung www.merdeka.com Sejak diubah menjadi seperti sekarang ini, yaitu mengganti lantai Alun-alun Bandung menjadi rumput sintetis. Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit warga Bandung untuk menghabiskan waktu atau hanya sekedar untuk berfoto.  2. Taman Film jadiberita.com Taman Film merupakan sebuah taman yang dibangun dibawah jembatan layang. Ditempat ini tersedia sebuah layar monitor besar yang biasa memutar berbagai film baik film Indonesia sampai dengan Hollywood dan bahkan film Korea dan India. 3. Taman Musik

10 Tempat Wisata di Pekalongan yang Wajib Dikunjungi

Pekalongan mendapat julukan sebagai Kota Batik karena memang di kota ini kita bisa menemukan banyak sekali kampung-kampung atau pengrajin batik yang tersebar hampir disemua wilayah kota dan kabupaten yang terletak dipesisir pantai utara ini. Batik Pekalongan tidak hanya dikenal di Pulau Jawa saja, tetapi juga sampai ke luar Jawa bahkan sampai di luar negeri. Berikut ini adalah 10 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Pekalongan. 1. Museum Batik Pekalongan sumber gambar: www.indonesia-tourism.com   Museum Batik Pekalongan beralamat di Jalan Jetayu No 1 Kota Pekalongan yang menempati sebuah bangunan kuno dengan gaya art deco yang merupakan bekas Kantor Walikota Pekalongan pada masa penjajahan Belanda dahulu. Museum Batik Pekalongan memiliki koleksi berbagai batik kuno mulai dari motif asli Pekalongan sampai dengan motif yang mendapat pengaruh dari Belanda dan Jepang.