Skip to main content

10 Oleh-oleh Khas Jogja

10 Oleh-oleh Khas Jogja - Oleh-oleh seperti adalah sesuatu yang wajib dibeli saat jalan-jalan. Oleh-oleh ini biasanya akan diberikan kepada saudara atau teman-teman. Oleh-oleh tidak selalu berupa barang saja, makanan khas dari daerah yang kita kunjungi juga bisa menjadi oleh-oleh yang cukup menarik. Walaupun memang tidak bisa bertahan terlalu lama.

Baca juga: 10 Lokasi Syuting AADC2 di Jogja

10 oleh-oleh khas Jogja

1. Gudeg

sumber: www.tokopedia.com

Gudeg merupakan makanan khas dari Jogja. Gudeg ini dibuat dari buah nangka muda. Selain bisa dinikmati langsung di Jogja, gudeg saat ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Saat ini sudah ada gudeg dalam kemasan kaleng yang bisa bertahan cukup lama. Walaupun gudeg tersebut dimasukan dalam kaleng, tetapi pembuatannya tidak ditambahi dengan bahan pengawet.


2. Bakpia

sumber: kuliner.panduanwisata.id

Bakpia adalah camilan atau jajanan khas Jogja yang berbahan dasar tepung terigu dengan isian kacang hijau didalamnya. Bakpia dimasak dengan cara dipanggang. Selain isian kacang hijau, saat ini sudah banyak bakpia dengan berbagai varian rasa seperti keju, mocca, dan lain-lain.



3. Yangko

sumber: katalogkuliner.com

Yangko sangat mirip dengan kue mochi yang berasal dari Sukabumi, Jawa Barat. Yangko dibuat dari beras ketan sehingga mempunyai tekstur yang sangat kenyal. Yangko mempunyai warna yang bermacam-macam sehingga membuat penampilannya sangat menarik.


4. Cokelat Monggo

sumber: chocolatemonggo.blogspot.com

Cokelat Monggo adalah cokelat yang dengan citarasa khas Belgia yang dibuat di Jogja. Cokelat ini dibuat dari biji kakao pilihan yang berasal dari Jawa, Sulawesi, dan Sumatera. Pemilik dari Cokelat Monggo ini adalah seorang pria asli dari Belgia sehingga rasa cokelatnya benar-benar mirip yang ada di Belgia.



5. Geplak

sumber: resepmasakantop.com

Camilan lain yang wajib bisa dijadikan oleh-oleh dari Jogja adalah geplak. Makanan ini dibuat dari daging kelapa yang diiris tipis-tipis dan kemudian dimasak dengan campuran dari gula. Rasa geplak ini cukup manis.


6. Salak Pondoh

sumber: salakpondohmurah.wordpress.com

Salak Pondok merupakan buah khas yang berasal dari lereng Gunung Merapi. Buah ini memiliki rasanya yang cukup manis dengan dagingnya yang kering dan berwarna putih segar. 


7. Kerajinan Perak

sumber: www.telusurindonesia.com

Kerajinan perak juga bisa dijadikan oleh-oleh dari Jogja. Pusat kerajinan perak di Jogja terdapat di Kecamatan Kotagede. Di kawasan ini terdapat banyak sekali pengrajin perak yang bisa kita datangi. Selain membeli barang yang sudah jadi, perajin-perajin tersebut juga melayani pesanan.


8. Batik

sumber: www.batikalusan.com

Jogja dikenala sebagai salah satu sentra atau penghasil batik di Indonesia. Jogja mempunyai motif khas yang berbeda dengan batik dari daerah lain. Cara mencari batik di Jogja cukup mudah karena disepanjang Jalan Malioboro kita bisa menemukan banyak sekali penjual batik.


9. Kaos Dagadu

sumber: pusatoleholeh-directory.blogspot.com

Jika di Bali ada Joger, maka Jogja punya kaos sejenis yang bernama Dagadu. Kaos Dagadu mempunyai desain yang sangat unik dengan berbagai macam gambar yang menarik mulai dari gambar-gambar khas Jogja sampai dengan peristiwa yang terjadi sehari-hari.


10. Gerabah Kasongan

sumber: santapjogja.com

Untuk yang punya hobi mengkoleksi gerabas atau guci, di Jogja ada Desa Wisata Kasongan yang bisa didatangi. Di desa ini kita bisa membeli sekaligus melihat langsung pembuatan gerabah yang dilakukan oleh warga sekitar.

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi - Demak adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kota Semarang. Kabupaten ini juga merupakan salah satu kabupaten yang paling bersejarah dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa berkat jasa yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga. Baca juga: 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Sragen Namun tidak hanya itu saja, selain wisata religi Kabupaten Demak juga masih mempunyai banyak sekali pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai dengan wisata industri kerajinan 10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung Demak sumber: bujangmasjid.blogspot.com    Masjid kebanggaan warga Demak dan salah satu masjid tertua di Indonesia ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari Wali Songo dan juga Sultan Patah. Masjid Agung Demak terletak di dekat Alun-alun Demak yang masuk dalam wilayah Kelurahan Kauman, Kecamatan Demak. Masjid ini

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi - Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung paling timur dari Pulau Jawa dan biasa disebut dengan "The Sunrise of Java. Dahulu Banyuwangi hanya dikenal sebagai kota transit untuk para traveler yang ingin berkunjung ke Bali melalui jalan darat. Padahal Banyuwangi mempunyai banyak sekali tempat wisata yang tak kalah cantik yang patut untuk dikunjungi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi 1. Kawah Ijen   sumber: indonesia.travel  Kawah Ijen berada pada ketinggian sekitar 2.368 mdpl dan mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Kawah Ijen mempunyai luas sekitar 20 km dan dikelilingi oleh kaldera setinggi 300 meter. Walaupun sangat cantik kawah ini sebenarnya juga cukup berbahaya karena panasnya mencapai 200 derajat celcius. Hal lain yang cukup menarik di Kawah Ijen adalah pemandangan Blue Fire atau api biru yang bisa kita li

10 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi - Pangandaran merupakan kabupaten baru di Jawa Barat yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Ciamis yang secara resmi pada 25 Oktober 2012. Sebagian besar wilayah Kabupaten Pangandaran berada dipesisir laut selatan Jawa yang membuat Pangandaran mempunyai banyak sekali pantai-pantai yang cantik. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Dikunjungi 1. Cukang Taneuh sumber:  www.piknikdong.com Cukang Taneuh atau yang biasa disebut sebagai Green Canyon ini terletak di Desa Kertajaya, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Tempat  ini pertama kali ditemukan oleh orang berkebangsaan Perancis pada tahu 1993. Di Cukang Taneuh ini kita bisa menikmati indahnya pemandangan ngarai dengan air berwarna hijau jernih yang mengalir dibawahnya. 2. Pantai Pangandaran sumber:  epariwisata.com Pantai Pangandaran terletak di Desa Pananjung, Kecama