Skip to main content

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia - Sebuah tugu atau monumen biasanya dibangun untuk mengenang sesuatu yang pernah terjadi pada masa lampu. Selain sebagai bukti sejarah, tugu-tugu tersebut sekarang ini juga bisa menjadi simbol atau ikon kota. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota tersebut tanpa berfoto atau mengunjungi tugu-nya.

Baca juga: 10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi


5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia



1. Tugu Putih, Yogyakarta

sumber: beautifullofindonesian.com

Tugu Putih atau yang biasa dikenal dengan nama Tugu Jogja merupakan salah satu tempat yang paling rame dikunjungi orang setiap harinya hanya untuk mengambil foto. Tugu ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I satu tahun setelah pendirian Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yaitu pada tahun 1757. Awalnya Tugu Putih ini berbentuk seperti golog gilig dengan tinggi mencapai 25 meter. Namun akibat gempa besar yang terjadi di Jogja pada 10 Juni 1867 tugu tersebut sempat rusak. Kemudian tugu tersebut dibangun kembali oleh Belanda pada tahun 1889 dengan bentuk yang sampai sekarang ini bisa kita lihat yang tingginya mencapai 15 meter. Tugu Putih berada dalam satu garis lurus dengan Keraton, Gunung Merapi, dan Laut Selatan yang merupakan tempat-tempat penting bagi orang Jogja.





2. Tugu Monas, Jakarta

sumber: hargatiketmasuk.com

Tugu Monas atau Monumen Nasional merupakan sebuah tugu yang terletak di Jakarta tidak terlalu jauh dari Istana Merdeka. Tugu setinggi 132 meter ini dibangun pada 17 Agustus 1961 pada masa pemerintahan Preseiden Soekarno untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah dalam rangka merebut kemerdekaan. Di puncak Tugu Monas ini kita bisa melihat lidah api emas yang melambang semangat perjuangan rakyat Indonesia yang tidak pernah padam untuk merebut kemerdekaan. Dari puncak Tugu Monas ini kita bisa melihat pemandangan Kota Jakarta yang saat ini sudah dipenuhi dengan gedung-gedung pencakar langit. Selain itu dilantai dasar juga terdapat museum yang bisa dikunjungi untuk mengetahui tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia.




3. Tugu Pahlawan, Surabaya

sumber: www.indonesia-tourism.com

Tugu Pahlawan yang ada di Surabaya, Jawa Timur ini dibangun untuk memperingati pertempuran yang terjadi pada 10 November 1945 antara arek-arek Suroboyo melawan Sekutu dan Belanda yang ingin menjajah kembali. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai Hari Pahlawan sekaligus menamakan Surabaya dengan Julukan Kota Pahlawan. Tugu Pahlawan ini terletak tidak terlalu jauh dari Kantor Gubernur Jawa Timur. Tugu Pahlawan Surabaya ini saat ini menjadi salah satu ikon dari Surabaya.



4. Tugu Muda, Semarang

sumber: idewisata.com

Jika Tugu Pahlawan di Surabaya dibangun untuk mengenang peristiwa pertempuran 10 November 1945, Tugu Muda di Semarang dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 5 Hari di Semarang yang terjadi pada 15-20 Oktober 1945. Tugu Pahlawan mulai dibangun pada 10 November 1951 dan selesai pada 20 Mei 1953. Tugu ini mempunyai tinggi sekitar 53 meter. Tugu Muda ini dibangun persis didepan salah satu bangunan kuno bersejarah yang ada di Semarang yaitu Lawang Sewu.



5. Tugu Alun Alun Bundar, Malang

sumber: kehendakbaru.wordpress.com

Tugu ini berada persis didepan Balaikota Malang dan tidak jauh dari Stasiun Kotabaru Malang. Tugu ini dikelilingi oleh kolam teratai dan juga taman bunga cantik. Tugu ini dibangun pada tahun 1945 dan sempat dihancurkan oleh Belanda pada saat mereka menguasai Kota Malang. Tugu tersebut kemudian dibangun kembali pada tahun 1952 yang peresmiannya dilakukan langsung oleh Presiden Indonesia saat itu yaitu Ir. Soerkarno.




Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi - Demak adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kota Semarang. Kabupaten ini juga merupakan salah satu kabupaten yang paling bersejarah dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa berkat jasa yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga. Baca juga: 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Sragen Namun tidak hanya itu saja, selain wisata religi Kabupaten Demak juga masih mempunyai banyak sekali pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai dengan wisata industri kerajinan 10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung Demak sumber: bujangmasjid.blogspot.com    Masjid kebanggaan warga Demak dan salah satu masjid tertua di Indonesia ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari Wali Songo dan juga Sultan Patah. Masjid Agung Demak terletak di dekat Alun-alun Demak yang masuk dalam wilayah Kelurahan Kauman, Kecamatan Demak. Masjid ini

10 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Bandung

10 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Bandung - Ngabuburit adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh orang yang berpuasa. Banyak hal atau kegiatan yang dilakukan orang untuk menunggu adzan atau bedug maghrib. Mulai dari yang membaca Al Qur'an sampai dengan jalan-jalanan dan mencari jajanan untuk berbuka. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Jogja 10 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Bandung  1. Alun-alun Bandung www.merdeka.com Sejak diubah menjadi seperti sekarang ini, yaitu mengganti lantai Alun-alun Bandung menjadi rumput sintetis. Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit warga Bandung untuk menghabiskan waktu atau hanya sekedar untuk berfoto.  2. Taman Film jadiberita.com Taman Film merupakan sebuah taman yang dibangun dibawah jembatan layang. Ditempat ini tersedia sebuah layar monitor besar yang biasa memutar berbagai film baik film Indonesia sampai dengan Hollywood dan bahkan film Korea dan India. 3. Taman Musik

10 Tempat Wisata di Pekalongan yang Wajib Dikunjungi

Pekalongan mendapat julukan sebagai Kota Batik karena memang di kota ini kita bisa menemukan banyak sekali kampung-kampung atau pengrajin batik yang tersebar hampir disemua wilayah kota dan kabupaten yang terletak dipesisir pantai utara ini. Batik Pekalongan tidak hanya dikenal di Pulau Jawa saja, tetapi juga sampai ke luar Jawa bahkan sampai di luar negeri. Berikut ini adalah 10 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Pekalongan. 1. Museum Batik Pekalongan sumber gambar: www.indonesia-tourism.com   Museum Batik Pekalongan beralamat di Jalan Jetayu No 1 Kota Pekalongan yang menempati sebuah bangunan kuno dengan gaya art deco yang merupakan bekas Kantor Walikota Pekalongan pada masa penjajahan Belanda dahulu. Museum Batik Pekalongan memiliki koleksi berbagai batik kuno mulai dari motif asli Pekalongan sampai dengan motif yang mendapat pengaruh dari Belanda dan Jepang.