Skip to main content

10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi

10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi - Yogyakarta tidak hanya dikenal sebagai Kota Pelajar dan Kota Budaya, tetapi Daerah Istimewa Yogyakarta juga punya pemandangan alam yang cantik dan sayang untuk dilewatkan mulai dari pegunungan sampai dengan laut. Jika ingin melihat pantai-pantai dengan pemandangan yang indah, jangan lupa untuk kunjungi Kabupaten Gunungkidul.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Kendari yang Wajib Dikunjungi

10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi



1. Pantai Indrayanti

sumber: piknikasik.com

Pantai Indrayanti mempunyai nama asli Pantai Pulang Sawal. Namun pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti karena dipinggir pantai ini terdapat sebuah cafe yang bernama Indrayanti. Pantai Indrayanti terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Selain mempunyai pemandangan yang cukup cantik, kebersihan di pantai ini juga cukup terjaga. Ada peraturan unik di Pantai Indrayanti ini. Yaitu siapa saja yang ketahuan membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda Rp 10.000.



2. Pantai Baron

sumber: wisatadisemarang.com

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Baron merupakan sebuah teluk yang diapit oleh bukit karang yang ada di kanan kirinya. Selain menikmati keindahan pemandangannya, di Pantai Baron ini kita bisa melihat nelayan yang sedang beraktifitas ataupun kapal-kapal mereka yang berjejer rapi dipinggir pantai. Yang tidak boleh dilewatkan di pantai ini adalah wisata kuliner sajian laut hasil tangkapan dari para nelayan yang masih segar.



3. Pantai Ngobaran

sumber: www.catatannobi.com

Pantai Ngobaran terletak di Desa Saptosari, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Gunungkidul. Banyak orang menyebut pantai ini sebagai Bali-nya Jogja karena di pantai ini terdapat sebuah bangunan tempat ibadah salah satu aliran kepercayaan yang bentuknya seperti pura yang ada di Bali. Selain itu di Pantai Ngobaran juga terdapat beberapa tempat ibadah lain dari beberapa agama yang berbeda.


4. Pantai Drini

sumber: anekatempatwisata.com

Pantai Drini terletak di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjugsari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Drini merupakan pantai dengan hamparan pasir putih yang bersih serta dikelilingi oleh bukit-bukit karang kecil yang ada disekelilingnya. Yang unik dari Pantai Drini ini adalah adanya sebuah pulau karang kecil yang berada sedikit menjorok ke tengah laut. Pulau karang ini ditumbuhi pohon drini yang konon katanya buahnya dapat menjadi penangkal ular berbisa.



5. Pantai Sadranan

sumber: www.telusurindonesia.com

Pantai Sadranan terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Di Pantai Sadranan ini kita bisa melakukan kegiatan free diving untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya. 


6. Pantai Jogan

sumber: swaragamafm.com

Pantai Jogan terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Selain pemandangannya yang cantik, salah satu daya tarik utama dari Pantai Jogan adalah adanya sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter yang airnya langsung mengalir ke laut. Untuk menikmati pemandangan air terjun tersebut kita terlebih dahulu harus turun kebawah.



7. Pantai Siung

sumber: wisatanesia.co

Pantai Siung terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Siung dikelilingi oleh karang yang kokoh yang biasa digunakan sebagai tempat untuk olahraga panjat tebing. Karang tersebut letaknya agak sedikit menjorok ketengah pantai. Kondisi pantainya yang cenderung lebih sepi dibandingkan pantainya lainnya yang ada di Gunungkidul menjadikan pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat bersantai.



8. Pantai Kesirat

sumber: wisatanesia.co

Pantai Kesirat terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Tidak seperti pantai pada umumnya, di Pantai Kesirat ini kita tidak bisa menemukan pantai yang bisa digunakan sebagai tempat untuk bermain. Yang ada ditempat ini adalah tebing-tebing karang yang bisa kita kunjungi untuk menikmati keindahan pantainya. Selain itu tebing tersebut juga biasa dijadikan sebagai tempat untuk memancing. 




9. Pantai Wediombo

sumber: pariwisata.jogjakota.go.id

Pantai Wediombo terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul yang letaknya sudah berbatasan dengan wilayah Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Nama Wediombo diambil dari Bahasa Jawa yang artinya adalah hamparan pasir yang luas. Daya tarik dari Pantai Wediombo ini adalah adanya sebuah kolam yang terbentuk secara alami. Ombaknya yang cukup besar menjadikan pantai ini biasa digunakan sebagi tempat untuk bermain selancar.



10. Pantai Watu Lawang

sumber: rentalmobilyogyakarta.net

Pantai Watu Lawang terletak tidak terlalu jauh dari Pantai Indrayanti. Dinamakan Pantai Watu Lawang karena di pantai ini kita bisa melihat sebuah batu yang bentuknya seperti pantai. Seperti pantai di Gunungkidul pada umumnya, Pantai Watu Lawang juga dihiasi oleh pasir putih yang cantik.






Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi - Grobogan adalah nama kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang beribukota di Purwodadi. Kabupaten ini merupakan kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah setelah Kabupaten Cilacap. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan 9 kabupaten lain di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi Wilayah Kabupaten Grobogan diapit oleh 2 pegunungan kapur, yaitu Pegunungan Kendeng di bagian selatan dan Pegunungan Kapur Utara yang ada di bagian utara. Kabupaten Grobogan punya banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.  10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 1. Api Abadi Mrapen sumber: www.jalanjalanyuk.com    Api Abadi Mrapen terletak di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan yang berjarak sekitar 26 km dari Purwodadi. Api Abadi Mrapen sendiri adalah sebuah fenomena geologi dimana ada gas alam yang keluar dari dalam tanah dan tersulut api dan memunculkan api

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi - Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung paling timur dari Pulau Jawa dan biasa disebut dengan "The Sunrise of Java. Dahulu Banyuwangi hanya dikenal sebagai kota transit untuk para traveler yang ingin berkunjung ke Bali melalui jalan darat. Padahal Banyuwangi mempunyai banyak sekali tempat wisata yang tak kalah cantik yang patut untuk dikunjungi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi 1. Kawah Ijen   sumber: indonesia.travel  Kawah Ijen berada pada ketinggian sekitar 2.368 mdpl dan mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Kawah Ijen mempunyai luas sekitar 20 km dan dikelilingi oleh kaldera setinggi 300 meter. Walaupun sangat cantik kawah ini sebenarnya juga cukup berbahaya karena panasnya mencapai 200 derajat celcius. Hal lain yang cukup menarik di Kawah Ijen adalah pemandangan Blue Fire atau api biru yang bisa kita li

10 Tempat Wisata di Pemalang yang Wajib Dikunjungi

 Pemalang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang wilayah berada di jalur pantai utara dari Jakarta menuju ke Surabaya. Kabupaten Pemalang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tegal, Kabupaten Purwokerto, dan Kabupaten Pekalongan. Selain berada di kawasan dataran rendah, wilayah Kabupaten Pemalang juga terdiri dari dataran tinggi. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Pemalang yang wajib dikunjungi. 1. Pantai Widuri sumber gambar: www.kabarpemalang.com    Pantai Widuri merupakan tempat wisata unggulan kabupaten yang mempunyai kuliner khas yang bernama apem ini. Pantai Widuri letaknya hanya sekitar 3 km dari pusat kota. Karena letaknya yang sangat dekat tersebut menjadikan pantai ini banyak dikunjungi orang setiap harinya. Terutama pada soren hari untuk menikmati angin laut sore dan pemandangan matahari terbenam.