Skip to main content

7 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Dicoba

10 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Dicoba - Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota ini mendapat julukan sebagai "Kota  Pahlawan". Nama tersebut diberikan atas dasar peristiwa yang terjadi pada 10 November 1945 pada saat arek-arek Surabaya melawan tentara Belanda yang ingin menguasai kembali Surabaya. Dalam peristiwa tersebut banyak arek-arek Surabaya yang gugur.

Baca juga: 5 Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Dicoba

Tidak lengkap rasanya kalau ke Surabaya tapi tidak mencicipi kuliner khasnya. Berikut ini adalah 10 kuliner khas Surabaya yang wajib dicicipi.


7 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Dicoba



1. Rujak Cingur

tips-cara.info

Rujak cingur merupakan kuliner khas Surabaya pertama yang wajib dicoba. Makanan ini terdiri dari sayur rebus, tempe, tahu, lontong, bumbu rujak petis, dan tentu saja cingurnya. Rujak cingur ini akan lebih nikmat lagi jika ditambah dengan kerupuk. 




2. Rawon Setan

www.tokomesin.com

Rawon adalah sejenis sup daging sapi yang kuahnya berwarna hitam kental. Warna hitam ini berasal dari buah kluwak. Disebut dengan rawon setan bukan karena penjualnya menjajakan dagangannya didepan kuburan, melainkan rawon ini mulai dijual pada malam hari.


3. Lontong Balap

www.diahdidi.com

Makanan ini terdiri dari lontong, tauge ,tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Dahulu lontong ini dijajakan dengan cara dipikul. Setiap penjual saling balapan untuk mencari penjual. Itulah alasannya kenapa makanan ini disebut dengan lontong balap.



4. Semanggi Surabaya

dparagon.com

Semanggi merupakan sejenis tumbuhan paku yang khasiatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain semangginya itu sendiri, ada tambahan kecambah rebus yang kemudian disiram dengan sambal kacang tanah.




5. Tahu Tek Tek

www.tokomesin.com

Asal muasal kenapa makanan ini disebut dengan tahu tek tek adalah karena penjualnya yang selalu membunyikan kentongan yang berbunyi tek tek saat berkeliling. Makanannya sendiri terdiri dari tahu goreng setengah matang yang dicampur dengan lontong, kentang goreng, acar, serta siraman bumbu yang membuat rasanya lebih nikmat.



6. Sate Klopo

www.kabarkuliner.com

Sate ini selintas terihat mirip dengan sate pada umumnya. Tapi yang unik adalah sate klopo dibuat dari daging sapi yang dilumuri dengan parutan kelapa. Balutan parutan kelapa akan semakin membuat rasa dagingnya lebih meresap. Sate klopo ini paling nikmati jika disantap dengan menggunakan lontong.



7. Tahu Campur

gregetin.com

Tahu campur yang ada di Surabaya ini terdiri dari tahu, daging sapi, lentho, tauge, mie kuning, dan selada yang disiram dengan kuah kaldu dan ditambah dengan bumbu petis yang menghasilkan perpaduan rasa antara gurih dan pedas.




Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi - Kabupaten Ngawi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berada di ujung paling barat dan berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Nama Ngawi sendiri berasal dari Bahasa Sanskerta "Awi" yang berati bambu. Konon katanya Kabupaten Ngawi merupakan hutan bambu. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi 1. Kebun Teh Jamus sumber: kampoengngawi.com   Kebun Teh Jamus terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi yang berada di lereng Gunung Lawu. Kebun Teh Jamus sudah ada sejak jaman kolonial Belanda dahulu yaitu pada sekitar tahun 1800-an. Yang paling terkenal di Kebun Teh Jamus adalah Borobudur Hills. Disebut dengan Borobudur Hills karena jika dilihat dari atas bukit tersebut terlihat seperti Candi Borobudur yang ada d Magelang, Jawa Tengah. 2. Air Terjun Pengantin sumber: www.bantarangin.net    N

6 Pantai Tercantik di Padang, Sumatra Barat

6 Pantai Tercantik di Padang - Padang merupakan ibukota dari Provinsi Sumatra Barat. Penduduk asli Sumatra Barat merupakan Suku Minang. Sumatra Barat dikenal dengan beberapa masakan atau kuliner khasnya yang tidak hanya saja lezat tapi juga terkenal diseluruh dunia, salah satu contohnya adalah rendang. Bahkan rendang pernah menjadi makanan paling lezat di dunia berdasarkan polling yang pernah dilakukan oleh kantor berita internasional. Salah satu yang bisa dilakukan saat jalan-jalan ke Padang selain mencicipi kuliner khasnya tentu saja adalah mengunjungi pantai-pantainya yang cantik. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Jakarta 6 Pantai Tercantik di Padang, Sumatra Barat 1. Pantai Pamutusan www.dwiaryanti.com Pantai Pamutusan terletak di kawasan Bungus Teluk Kabung yang berjarak sekitar satu jam perjalan menggunakan kapal cepat dari Kota Padang. Pantai Pamutusan merupakan salah satu pantai tersembunyi yang belum banyak diketahui orang. Pantai Pamutusan dikelil

10 Tempat Wisata di Madura yang Wajib Kunjungi

10 Tempat Wisata di Madura yang Wajib Kunjungi - Madura adalah sebuah pulau yang terletak disebelah timur laut Pulau Jawa dan masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur. Pulau Madura terbagi menjadi 4 wilayah kabupaten yaitu Bangkalan, Sumenep, Pamekasan, dan Sampang. Salah satu budaya yang paling terkenal dari Pulau Madura adalah karapan sapi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Blitar yang Wajib Dikunjungi Setelah dibangunnya Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dan Madura, kini Madura menjadi salah satu tempat alternatif untuk berlibur di Jawa Timur. 10 Tempat Wisata di Madura yang Wajib Kunjungi 1. Pantai Siring Kemuning sumber: www.telusurindonesia.com    Pantai Siring Kemuning terletak di Desa Mecajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan dan berjarak sekitar 41 km arah utara dari pusat Kota Bangkalan. Dipinggir pantai ini tumbuh banyak pepohonan yang menambah pemandangan semakin indah dan udara menjadi sejuk walaupun berada ditepi pantai. 2. Panta