Skip to main content

10 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia

10 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia - Kereta api merupakan salah satu angkatan masal yang paling efektif. Dalam sekali angkut, moda transportasi ini bisa mengangkut ratusan bahkan ribuan orang sekaligus. Dan yang paling unik kereta api mempunyai jalur khusus. Jalur kereta api di Indonesia sudah ada sejak jaman kolonial Belanda dahulu. Dahulu kereta api tidak hanya digunakan sebagai angkutan penumpang saja, tetapi juga mengangkut hasil bumi dari satu kota ke kota lainnya. Oleh karena pemerintah Belanda membangun banyak sekali stasiun disepanjang jalur yang dilewati oleh kereta api.


Baca juga: 10 Hotel Murah di Semarang


10 Stasiun Kereta Api Tertua di Indonesia


1. Stasiun Semarang Gudang/Tambaksari

sumber: www.kaskus.co.id


Stasiun Semarang Gudang berlokasi di area Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang. Stasiun yang sekarang sudah tidak beroperasi lagi dibangun oleh Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) pada tahun 1867. Dahulu ada jalur kereta api yang menghubungkan stasiun ini menuju ke Tanggung yang merupakan jalur kereta api pertama di Indonesia.



2. Stasiun Semarang Tawang

sumber: www.kompasiana.com


Stasiun Semarang Tawang terletak tidak jauh dari Stasiun Semarang Gudang di Kelurahan Tanjung Mas, Semarang Utara. Stasiun Semarang Tawang diresmikan penggunaannya pada 19 Juli 1868. Stasiun Tawang merupakan stasiun besar tertua di Indonesia. Stasiun ini memiliki 7 jalur rel yang masih digunakan sampai saat ini.




3. Stasiun Lempuyangan

sumber: id.railfansid.wikia.com

Stasiun Lempuyangan terletak di Kota Yogyakarta. Stasiun ini diresmikan pada 2 Maret 1872. Saat ini Stasiun Lempuyang dipergunakan sebagai pemberhentian kereta-kereta ekonomi yang singgah di Jogja. Stasiun Lempuyangan mempunyai 11 jalur rel kereta.



4. Stasiun Ambarawa

sumber: indotravelguides.com


Stasiun Ambarawa atau biasa dikenal juga dengan nama Stasiun Willem I terletak di Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Stasiun ini mulai dibangun pada 21 Mei 1873 atas permintaan dari Raja Willem I untuk membantu pengangkutan tentara menuju ke Semarang. Stasiun ini kini dijadikan sebagai sebuah museum yang menyimpan beberapa lokomotif kuno.



5. Stasiun Kedungjati

sumber: heritage.kereta-api.co.id

Stasiun Kedungjati terletak di Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Stasiun ini diresmikan pada 21 Mei 1873. Stasiun Kedungjati memiliki arsitektur yang mirip dengan Stasiun Ambarawa.





6. Stasiun Solo Balapan

sumber: www.solopos.com


Stasiun Solo Balapan terletak di Kampung Kestalan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Temgah. Stasiun Solo Balapan dibangun pada masa pemerintahan Mangkunegara IV pada sekitar tahun 1873. 




7. Stasiun Purwosari

sumber: www.solopos.com

Stasiun Purwosari terletak di Jalan Slamet Riyadi No. 52 Surakarta, Jawa Tengah. Stasiun ini dipergunakan sebagai pemberhentian kereta api ekonomi dan kereta lokal. Stasiun Purwosari dibangun pada tahun 1875.




8. Stasiun Surabaya Kota

sumber: www.infosby.asia

Stasiun Surabaya Kota terletak di daerah Bongkahan, Pabean Cantikan, Surabaya tidak terlalu jauh dari Stasiun Gubeng. Stasiun Surabaya Kota diresmikan pada 16 Mei 1878. Stasiun kereta api ini saat ini sudah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.



9. Stasiun Malang Kotalama

sumber: wikimapia.org

Stasiun Malang Kotalama terletak di Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Stasiun Malang Kotalama dibangun pada tahun 1879. Stasiun ini mempunyai 4 jalur yang digunakan sebagai persimpangan dan menuju ke Depo Pertamina.



10. Stasiun Ijo

sumber: adtyngrh.blogspot.com


Stasiun Ijo terletak di Bumiagung, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen yang terletak tidak jaun dari Stasiun Gombong. Stasiun Ijo dibangun pada sekitar tahun 1885-1886. Stasiun ini biasanya digunakan sebagai jalur persimpangan





Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang. Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.   10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi 1. Air Terjun Merambat Roro Kuning sumber: tilulas.com   Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemud

10 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi - Mojokerto adalah salah satu wilayah paling rame di Jawa Timur. Selain itu Mojokerto juga dikenal sebagai salah satu Kota Industri di Jawa Timur. Kota ini sudah berkembang sejak jaman Kerajaan Majapahit dahulu. Baca juga:  10 Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi Kabupaten/kota yang letaknya tidak terlalu jauh dari Surabaya  ini ternyata punya banyak sekali tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. 10 Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi 1. Patung Buddha Tidur sumber: www.klikhotel.com    Patung Buddha tidur ini terdapat di Mahavira Majapahit yang terletak di Desa Bejijong. Patung Buddha tidur ini dikabarkan merupakan salah satu patung Buddha terbesar di Asia bahkan di dunia. Patung tersebut berwarna kekuningan karena dilapisi emas. Vihara ini selain merupakan tempat ibadah juga digunakan sebagai tempat berwisata. 2. Situs Kedaton Mojokerto sumber: www.tempatwisatadunia.com    Sit

10 Masjid Terindah di Dunia

10 Masjid Terindah di Dunia - Islam merupakan salah satu agama terbesar di dunia. Disetiap negara pasti kita menemukan masjid yang dijadikan sebagai tempat ibadah umat Islam tersebut. Masjid disetiap negara mempunyai arsitektur dan gaya bangunan yang mempunyai ciri khasnya masing-masing. Baca juga: 10 Masjid Tercantik di Indonesia 10 Masjid Terindah di Dunia 1. Masjidil Haram, Mekkah sumber:  www.hambaallah.com 2. Masjid Nabawi, Madinah sumber:  www.kabarmakkah.com 3. Masjid Sheikh Zayed Bin Sultan Al- Nayhan, Abu Dhabi sumber:  travel.nationalgeographic.com 4. Masjid Imam Reza Mashad, Iran sumber:  www.magij.co.uk 5. Masjdid Hasan II, Maroko sumber:  www.magij.co.uk 6. Masjid Gran Al Fateh, Qatar sumber:  www.magij.co.uk 7. Masjid Qolsharif, Russia sumber:  mosquesoftheworld.tumblr.com 8. Masjid Sultan Omar Ali Saefudin, Brunei Darussalam sumber:  www.idesignarch.com 9. Masjid Zahir, Malaysia s