Skip to main content

10 Masjid Termegah di Indonesia

10 Masjid Terbesar di Indonesia - Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan jumlah penduduk yang beragama Islam terbesar di dunia. Jadi tidak mengherankan bila di Indonesia kita bisa menemukan masjid dengan sangat mudah. Masjid biasanya tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah saja, tetapi masjid biasanya juga dijadikan sebagai pusat pendidikan.


Baca juga: 5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia


10 Masjid Termegah di Indonesia


1. Masjid Istiqlal, Jakarta

sumber: simas.kemenag.go.id

Masjid Istiqlal terletak tidak jauh dari Tugu Monas di Jakarta. Pembangunan masjid ini digagas oleh Presiden Soekarno pada tahun 1951. Arsitek dari pembangunan Masjid Istiqlal bernama Frederik Silaban yang merupakan seorang yang beragama Kristen. Masjid Istiqlal dapat menampung sekitar 200.000 jamaah. Sejak dahulu masjid ini sudah menjadi salah satu masjid termegah yang ada di Asia Tenggara.



2. Masjid Dian Al Mahri, Depok

sumber: simas.kemenag.go.id

Masjid Dian Al Mahri atau yang lebih populer dengan sebutan Masjid Kubah Emas terletak di Kawasan Limo, Depok, Jawa Barat. Dinamakan Masjid Kubah Emas karena kubah masjid ini dibuat dengan lapisan emas. Masjid Dian Al Mahri mulai dibangun pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2016. Masjid megah ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah saja, setiap harinya banyak pengunjung yang ingin melakukan wisata religi.



3. Masjid An Nur, Pekanbaru

sumber: www.riau-airlines.com

Masjid An Nur yang terletak di ibukota Propinsi Riau ini mulai dibangun pada tahun 1963. Arsitektur masjid ini merupakan perpaduan empat unsur yaitu Melayu, Turki, Arab, dan India. Masjid ini sempat direnovasi besar-besaran pada tahun 2000 sehingga bentuknya menjadi seperti yang sekarang ini. Masjid An Nur ini biasa dikenal juga sebagai Taj Mahalnya Pekanbaru.



4. Masjid Al Akbar, Surabaya

sumber: surabaya.tribunnews.com

Masjdi Al Akbar terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur tepatnya dipinggir Jalan Tol Porong - Surabaya. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 1995. Rancangan dari arsitektur dari Masjid Al Akbar dibuat oleh tim yang berasal dari Institut Sepuluh November. Yang menjadi ciri khas dari Masjid Al Akbar ini adalah kubah dan menaranya yang berwarna biru terang sehingga tampak jelas dari kejauhan.




5. Masjid Islamic Centre, Samarinda

sumber: bujangmasjid.blogspot.com

Masjid Islamic Centre Samarinda dibangun ditepian Sungai Mahakam kurang lebih sekitar 2 km dari Jembatan Mahakam. Masjid ini mempunyai kubah yang besar serta menara yang cukup tinggi. Pembangunan Masjid Islamic Centre dilakukan pada tahun 2001. Rancangan Masjid Islamic Centre ini diilhami dari bentuk Masjid Nabawi yang ada di Madinah, Arab Saudi.



6. Masjid Raya Baiturahman, Banda Aceh

sumber: m.aktualpost.com

Masjid Raya Baiturahman di Banda Aceh ini merupakan sebuah masjid peninggalan dari Kesultanan Aceh yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1612. Masjid ini sempat dibakar oleh pasukan Belanda pada tahun 1873 dan kemudian dibangun kembali pada tahun 1877. Masjid Raya Baiturahman merupakan salah satu bangunan yang selamat dari terjangan gelombang tsunami yang terjadi di Aceh pada tahun 2004 lalu.




7. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

sumber: simas.kemenag.go.id

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terletak di Kota Semarang ini mulai dibangun pada tahun 2001 dan diresmikan pada tahun 2006. Masjid ini dibangun dengan gaya arsitektur perpaduan antara unsur Jawa, Romawi, dan Arab. Masjid ini bisa menampung sekitar 6.000 jamah didalam masjid dan sekitar 10.000 jamaah di serambinya. Masjid ini dilengkapi dengan menara setinggi 99 meter yang diberi nama Menara Asmaul Husna.



8. Masjid Al Irsyad, Bandung

sumber: www.ar.itb.ac.id

Masjdi Al Irsyad merupakan sebuah masjid yang terletak di Kota Parahiyangan, Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat. Masjid ini berbentuk seperti Ka'bah atau kubah seperti yang ada di Mekkah. Masjid Al Irsyad mulai digunakan sejak tahun 2010. Arsitektur dari masjid ini adalah Ridwan Kamil yang saat ini menjabat sebagai Walikota Bandung.



9. Masjid Agung Natuna

sumber: foto.bisnis.com

Masjid Agung Natuna terletak di Kompleks atau pusat Pemerintahan Kabupaten Natuna yang ada di Kota Ranai. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 2007 dan diresmikan pada tahun 2009. Masjid ini sangat luas dan besar, bahkan satu shafnya bisa menampung sebanyak 180 jamaah. Masjid ini juga biasa dijuluki sebagai Taj Mahal-nya Natuna.




10. Masjid Jami Sumenep, Madura

sumber: foto.bisnis.com

Masjid Jami Sumenep berlokasi tepat didepan Alun-alun Sumenep, Madura. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua dan juga masjid dengan arsitektur khas Nusantara. Masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Panembahan Somala pada tahun 1779 setahun setelah pembangunan Keraton Sumenep.



Baca juga: 10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi


Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi - Demak adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kota Semarang. Kabupaten ini juga merupakan salah satu kabupaten yang paling bersejarah dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa berkat jasa yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga. Baca juga: 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Sragen Namun tidak hanya itu saja, selain wisata religi Kabupaten Demak juga masih mempunyai banyak sekali pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai dengan wisata industri kerajinan 10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung Demak sumber: bujangmasjid.blogspot.com    Masjid kebanggaan warga Demak dan salah satu masjid tertua di Indonesia ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari Wali Songo dan juga Sultan Patah. Masjid Agung Demak terletak di dekat Alun-alun Demak yang masuk dalam wilayah Kelurahan Kauman, Kecamatan Demak. Masjid ini

10 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Bandung

10 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Bandung - Ngabuburit adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh orang yang berpuasa. Banyak hal atau kegiatan yang dilakukan orang untuk menunggu adzan atau bedug maghrib. Mulai dari yang membaca Al Qur'an sampai dengan jalan-jalanan dan mencari jajanan untuk berbuka. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Jogja 10 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Bandung  1. Alun-alun Bandung www.merdeka.com Sejak diubah menjadi seperti sekarang ini, yaitu mengganti lantai Alun-alun Bandung menjadi rumput sintetis. Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit warga Bandung untuk menghabiskan waktu atau hanya sekedar untuk berfoto.  2. Taman Film jadiberita.com Taman Film merupakan sebuah taman yang dibangun dibawah jembatan layang. Ditempat ini tersedia sebuah layar monitor besar yang biasa memutar berbagai film baik film Indonesia sampai dengan Hollywood dan bahkan film Korea dan India. 3. Taman Musik

10 Tempat Wisata di Pekalongan yang Wajib Dikunjungi

Pekalongan mendapat julukan sebagai Kota Batik karena memang di kota ini kita bisa menemukan banyak sekali kampung-kampung atau pengrajin batik yang tersebar hampir disemua wilayah kota dan kabupaten yang terletak dipesisir pantai utara ini. Batik Pekalongan tidak hanya dikenal di Pulau Jawa saja, tetapi juga sampai ke luar Jawa bahkan sampai di luar negeri. Berikut ini adalah 10 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Pekalongan. 1. Museum Batik Pekalongan sumber gambar: www.indonesia-tourism.com   Museum Batik Pekalongan beralamat di Jalan Jetayu No 1 Kota Pekalongan yang menempati sebuah bangunan kuno dengan gaya art deco yang merupakan bekas Kantor Walikota Pekalongan pada masa penjajahan Belanda dahulu. Museum Batik Pekalongan memiliki koleksi berbagai batik kuno mulai dari motif asli Pekalongan sampai dengan motif yang mendapat pengaruh dari Belanda dan Jepang.