Skip to main content

10 Tempat Wisata di Karawang yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Karawang yang Wajib Dikunjungi - Karawang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang mempunyai peran cukup penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Tidak hanya dikenal dengan sejarahnya saja, Karawang ternyata punya banyak tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Karawang yang Wajib Dikunjungi


1. Curug Cigentis

sumber: info-tempat-liburan.blogspot.com

 

 Curug Cigentis terletak di Desa Mekar Buana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang yang berjarak sekitar 44 km dari pusat kota. Curug ini merupakan salah satu dari 7 air terjun atau curug yang ada di kawasan Gunung Loji. Curug Cigentis mempunyai ketinggian sekitar 25 meter.

2. Bukit Sanggabuana

sumber: langkuningangin.blogspot.com

 

 Bukit atau Gunung Sanggabuana merupakan satu-satunya gunung yang ada di wilayah Kabupaten Karawang. Bukit Sanggabuana masuk dalam wilayah Desa Mekar Buana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang dan berada pada ketinggian sekitar 1291 mdpl. Dari atas bukit ini kita bisa melihat seluruh pemandangan kearah Kota Karawang.

3. Kawasan Agrowisata Mitra

sumber: wikimapia.org

 

 Agrowisata Mitra terletak di Desa Parangmulyo, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang tepatnya di Kawasan Industri Mitra tidak terlalu jauh dari Pintu Tol Karawang Timur. Dikawasan ini terdapat sebuah danau buatan yang dilengkapi dengan fasilitas permainan anak sampai dengan pengunjung. Kawasan Agrowisata Mitra hanya berjarak sekitar 15 km dari pusat kota.

4. Vihara Sian Jian Ku Po

sumber: www.fotografer.net

 

 Vihata Sian Jian Ku Po adalah sebuah vihara kuno yang terletak di Dusun Bojong, Desa Tanjungpura, Kecamatan Tanjungpura, Kabupaten Karawang. Vihara ini diperkirakan dibangun pada sekitar abad ke-17 oleh seorang iimigran dari China.

5. Makam Syekh Quro

 
sumber: satrialarangan.blogspot.com

 Syekh Quro atau yang biasa dikenal dengan nama Hasanudin merupakan putra dari Syekh Yusuf Sidiq yang merupakan seorang ulama dari Campa. Makam Syekh Quro terletak di Desa Pulokalapa, Kecamatan Lemah Abang, Kabupaten Karawang yang berjarak sekitar 28 km dari pusat kota. Pada masa hidupnya Syekh Quro membangun banyak tempat ibadah atau mushola yang salah satunya menjadi cikal bakal Masjid Agung Karawang saat ini.

6. Bendungan Parisdo/Walahar

sumber: www.flickr.com

 

 Bendungan Parisdo terletak di Desa Walahar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Bendungan ini dibangun oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1925 untuk menanggulangi banjir yang sering terjadi diwilayah Karawang bagian utara. Selain itu bendungan ini juga digunakan sebagai sarana irigasi pertanian di wilayah Karawang dan Subang.

7. Makam Singaperbangsa

sumber langkuningangin.blogspot.com

 

 Makam Singaperbangsa terletak di Desa Manggung Jaya, Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang yang berjarak sekitar 40 km arah utara dari pusat kota. Makam Singaperbaya merupakan kompleks pemakaman bupati pertama sampai dengan bupati kelima Karawang. Makam Singaperbangsa biasa dijadikan sebagai tempat upacara pada setiap Hari Ulang Tahun Kabupaten Karawang.

8. Danau Cipule

sumber: tempatwisataseru.com

 

 Danau Cipule terletak ditepi Sungai Citarum di Desa Kutapohaci, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang. Danau Cipule sendiri bukan merupakan danau alami, namun merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat penambangan pasir yan berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

9. Pantai Tanjung Pakis

sumber: oldieslovers.wordpress.com

 

 Pantai Tanjung Pakis terletak di Kecamatan Cilamaya, Kabupaten Karawang yang berjarak sekitar 48 km dari pusat kota. Letaknya yang berada disebuah tanjung perbatasan antara Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang menjadikan pantai ini mempunyai ombak yang tidak terlalu besar. Pantai ini memanjang sejauh 7 km dan dipenuhi oleh pasir putih yang cantik.

10. Situs Batujaya

sumber: kebudayaanindonesia.net

 

 Situs Batujaya terletak di Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang. Luas dari Situs Batujaya mencapai 50 km persegi. Di tempat ini kita bisa melihat 24 situs yang diperkirakan berasal dari abad ke-4 pada masa Kerajaan Tarumanegara seperti Candi Jiwa, Candi Blandongan, dan Situs Lempeng.


Baca juga: 10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi - Kabupaten Ngawi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berada di ujung paling barat dan berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Nama Ngawi sendiri berasal dari Bahasa Sanskerta "Awi" yang berati bambu. Konon katanya Kabupaten Ngawi merupakan hutan bambu. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi 1. Kebun Teh Jamus sumber: kampoengngawi.com   Kebun Teh Jamus terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi yang berada di lereng Gunung Lawu. Kebun Teh Jamus sudah ada sejak jaman kolonial Belanda dahulu yaitu pada sekitar tahun 1800-an. Yang paling terkenal di Kebun Teh Jamus adalah Borobudur Hills. Disebut dengan Borobudur Hills karena jika dilihat dari atas bukit tersebut terlihat seperti Candi Borobudur yang ada d Magelang, Jawa Tengah. 2. Air Terjun Pengantin sumber: www.bantarangin.net    N

6 Pantai Tercantik di Padang, Sumatra Barat

6 Pantai Tercantik di Padang - Padang merupakan ibukota dari Provinsi Sumatra Barat. Penduduk asli Sumatra Barat merupakan Suku Minang. Sumatra Barat dikenal dengan beberapa masakan atau kuliner khasnya yang tidak hanya saja lezat tapi juga terkenal diseluruh dunia, salah satu contohnya adalah rendang. Bahkan rendang pernah menjadi makanan paling lezat di dunia berdasarkan polling yang pernah dilakukan oleh kantor berita internasional. Salah satu yang bisa dilakukan saat jalan-jalan ke Padang selain mencicipi kuliner khasnya tentu saja adalah mengunjungi pantai-pantainya yang cantik. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Jakarta 6 Pantai Tercantik di Padang, Sumatra Barat 1. Pantai Pamutusan www.dwiaryanti.com Pantai Pamutusan terletak di kawasan Bungus Teluk Kabung yang berjarak sekitar satu jam perjalan menggunakan kapal cepat dari Kota Padang. Pantai Pamutusan merupakan salah satu pantai tersembunyi yang belum banyak diketahui orang. Pantai Pamutusan dikelil

10 Tempat Wisata di Madura yang Wajib Kunjungi

10 Tempat Wisata di Madura yang Wajib Kunjungi - Madura adalah sebuah pulau yang terletak disebelah timur laut Pulau Jawa dan masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur. Pulau Madura terbagi menjadi 4 wilayah kabupaten yaitu Bangkalan, Sumenep, Pamekasan, dan Sampang. Salah satu budaya yang paling terkenal dari Pulau Madura adalah karapan sapi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Blitar yang Wajib Dikunjungi Setelah dibangunnya Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dan Madura, kini Madura menjadi salah satu tempat alternatif untuk berlibur di Jawa Timur. 10 Tempat Wisata di Madura yang Wajib Kunjungi 1. Pantai Siring Kemuning sumber: www.telusurindonesia.com    Pantai Siring Kemuning terletak di Desa Mecajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan dan berjarak sekitar 41 km arah utara dari pusat Kota Bangkalan. Dipinggir pantai ini tumbuh banyak pepohonan yang menambah pemandangan semakin indah dan udara menjadi sejuk walaupun berada ditepi pantai. 2. Panta