Skip to main content

10 Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi - Cirebon adalah salah satu kota atau kabupaten di Jawa Barat yang letaknya berada di jalur pantai utara Jawa yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Untuk Dikunjungi

Cirebon memang sudah dikenal menjadi salah satu kota pelabuhan di Indonesia yang sudah dikenal sejak dahulu. Ada beberapa kerajaan atau kesultanan yang tercatat pernah berdiri di Cirebon. Kini Cirebon menjadi salah satu kota terbesar di Jawa Barat.

10 Tempat Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi

1. Keraton Kasepuhan

sumber: www.dianrentcarcirebon.com

 

 Keraton Kasepuhan merupakakan keraton tertua yang ada di Kota Cirebon yang dibangun oleh Pangeran Cakrabuana pada sekitar tahun 1529. Keraton Kasepuhan menjadi salah satu ikon serta tempat yang cukup bersejarah bagi perkembangan agama Islam di Cirebon dan Sekitarnya. Keraton ini sampai saat ini masih terjaga dengan baik.

2. Keraton Kanoman

sumber: www.wovgo.com

 

 Keraton Kanoman didirikan oleh Pangeran Mohammad Badridin atau  Sultan Anom pada tahun 1678 Masehi. Yang paling menarik dari keraton  ini adalah terjadinya akulturasi antara budaya lokal, islam, dan China.Dinding Keraton Kanoman banyak dihiasi oleh piring-piring porselen cantik yang berasal dari China. Selain itu Keraton Kanoman juga punya Kereta Naga Paksi yang bentuknya merupakan perpaduan 3 bahasa.

3. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

sumber: www.diasrentalmobilcirebon.com

 

Masjid Agung Sang Cipta Rasa atau yang lebih dikenal sebagai Masjid Agung Cirebon merupakan masjid tertua yang ada di Cirebon. Masjid ini didirikan pada sekitar tahun 1480 M pada masa Wali Songo. Konon kabarnya pembangunan masjid ini melibatkan ratusan orang yang didatangkan dari Majapahit dan Demak. Sunan Kalijaga ditunjuk oleh Sunan Gunung Jati sebagai arsitek dalam pembangunan masjid ini.
 

4. Gua Sunyaragi

sumber: www.indonesiakaya.com

 

Gua Sunyaragi dahulu merupakan sebuah taman air yang digunakan sebagai tempat untuk beristarahat bagi keluarga Keraton Kasepuhan Cirebon. Tempat ini dibuat menggunakan batu-batu karang dan pada jaman dahulu dikelilingi oleh sebuah danau. Selain taman, didalam area seluasa kurnag lebih 15 hektare ini juga terdapat banyak gua yang bisa dilihat.

5. Kampung Batik Trusmi

sumber: www.klikhotel.com

 

 Seperti kota lain di pesisir jawa, Cirebon juga punya batik yang tak kalah cantik yang biasa dikenal dengan nama Batik Trusmi. Nama Trusmi sendiri diambil dari nama seorang pengikut setian Sunan Gunung Jati yang Bernama Ki Gede Trusmi. Belia mengajarkan cara membatik sekaligus menyebarkan agama Islam kepada masyarakat sekitar.

6. Banyu Panas Palimanan

sumber: www.obyekwisata.info

 

 Banyu Manas Palimanan yang berjarak sekitar 16 km dari pusat kota dan berada di jalan raya Cirebon Bandung ini merupakan salah satu wisata alam yang paling banyak dikunjungi di Cirebon. Banyu Panas Palimanan berada dibawah kaki Gunung Kromong. Yang paling unik dari tempat ini adalah sumber air panasnya yang suka berpindah-pindah.

7. Taman Ade Irma Suryani Nasution

sumber: www.initempatwisata.com

 

 Taman Ade Irma Suryani Nasution terletak tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Cirebon. Taman ini merupakan satu-satunya taman bermain yang berada ditengah Kota Cirebon. Taman Ade Irma Suryani Nasution luasnya kurang lebih 1,5 hektare dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tempat bermain anak, kebun binatang mini, waterpark, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

8. Wanawisata Ciwaringin

sumber: www.seputarwisata.com

 

 Wanawisata Ciwaringin terletak di Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon yang berjarak sekitar 17 km dari pusat kota. Yang bisa jumpai di Wanawisata Ciwaringin adalah Danau Ciranca, hutan pohon kayu putih sampai dengan arena olahraga motocross.

9. Situ Sedong

sumber; infocirebon.com

 

 Situ Sedong merupakan sebuah waduk buatan yang terletak di Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon. Selain digunakan sebagai sarana irigasi dan sumber air, Situ Sedong juga biasa digunakan oleh penduduk sekitar sebagai tempat untuk berwisata bersama keluarga.

10. Desa Wisata Cikalahang

sumber: www.pegipegi.com

 

Desa Wisata Cikalahang terletak di Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon.  Di desa ini kita bisa menjumpai banyak tempat pemancingan sekaligus rumah makan yang menyediakan menu ikan bakar sebagai hidangan khas nya. Selain itu di Desa Wisata Cikalahang juga banyak kolam renang dengan sumber air alami.

Comments

Paling Banyak Dibaca

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia - Sebuah tugu atau monumen biasanya dibangun untuk mengenang sesuatu yang pernah terjadi pada masa lampu. Selain sebagai bukti sejarah, tugu-tugu tersebut sekarang ini juga bisa menjadi simbol atau ikon kota. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota tersebut tanpa berfoto atau mengunjungi tugu-nya. Baca juga: 10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi 5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia 1. Tugu Putih, Yogyakarta sumber:  beautifullofindonesian.com Tugu Putih atau yang biasa dikenal dengan nama Tugu Jogja merupakan salah satu tempat yang paling rame dikunjungi orang setiap harinya hanya untuk mengambil foto. Tugu ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I satu tahun setelah pendirian Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yaitu pada tahun 1757. Awalnya Tugu Putih ini berbentuk seperti golog gilig dengan tinggi mencapai 25 meter. Namun akibat gempa besar yang terjadi di Jogja pada 10 Juni 1867 tugu tersebut

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi - Kabupaten Ngawi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berada di ujung paling barat dan berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Nama Ngawi sendiri berasal dari Bahasa Sanskerta "Awi" yang berati bambu. Konon katanya Kabupaten Ngawi merupakan hutan bambu. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi 1. Kebun Teh Jamus sumber: kampoengngawi.com   Kebun Teh Jamus terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi yang berada di lereng Gunung Lawu. Kebun Teh Jamus sudah ada sejak jaman kolonial Belanda dahulu yaitu pada sekitar tahun 1800-an. Yang paling terkenal di Kebun Teh Jamus adalah Borobudur Hills. Disebut dengan Borobudur Hills karena jika dilihat dari atas bukit tersebut terlihat seperti Candi Borobudur yang ada d Magelang, Jawa Tengah. 2. Air Terjun Pengantin sumber: www.bantarangin.net    N

6 Pantai Tercantik di Padang, Sumatra Barat

6 Pantai Tercantik di Padang - Padang merupakan ibukota dari Provinsi Sumatra Barat. Penduduk asli Sumatra Barat merupakan Suku Minang. Sumatra Barat dikenal dengan beberapa masakan atau kuliner khasnya yang tidak hanya saja lezat tapi juga terkenal diseluruh dunia, salah satu contohnya adalah rendang. Bahkan rendang pernah menjadi makanan paling lezat di dunia berdasarkan polling yang pernah dilakukan oleh kantor berita internasional. Salah satu yang bisa dilakukan saat jalan-jalan ke Padang selain mencicipi kuliner khasnya tentu saja adalah mengunjungi pantai-pantainya yang cantik. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Jakarta 6 Pantai Tercantik di Padang, Sumatra Barat 1. Pantai Pamutusan www.dwiaryanti.com Pantai Pamutusan terletak di kawasan Bungus Teluk Kabung yang berjarak sekitar satu jam perjalan menggunakan kapal cepat dari Kota Padang. Pantai Pamutusan merupakan salah satu pantai tersembunyi yang belum banyak diketahui orang. Pantai Pamutusan dikelil