Skip to main content

10 Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi - Kabupaten Pacitan adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang sebagian wilayahnya berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Kota asal Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini berjarak sekitar 100 km dari Kota Solo.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pasuruan yang Wajib Dikunjungi

Pacitan dikenal dengan sebutan Kota 1001 Goa, karena di wilayah Kabupaten Pacitan terdapat banyak sekali gua alami yang cantik. Selain itu Pacitan juga punya banyak sekali pantai cantik yang wajib untuk dikunjungi.

10 Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi


1. Pantai Klayar

sumber:www.panoramio.com

 

 Pantai Klayar terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan dan berjarak sekitar 35 km dari pusat kota. Pantai ini  memiliki pemandangan indah berupa hamparan pasir yang putih dan air lautnya yang berwarna biru. Salah satu daya tarik lain dari pantai ini adalah sebuah batu karang yang menjulang dipinggir pantai. Batu tersebut bisa mengeluarkan suara seperti suara seruling saat terkena ombak.

2. Pantai Srau

sumber: www.tumblr.com

 

 Pantai Srau terletak di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan yang berjarak sekitar 25 km dari pusat kota. Yang unik dari pantai ini adalah adalah 3 wilayah pantai yang pasirnya berbeda-beda. Mulai dari pasir putih yang halus sampai dengan pasir yang teksturnya lebih kasar.

3. Pantai Teleng Ria

sumber: rinywulan.com

 

 Pantai Teleng Ria hanya berjarak sekitar 3 km dari pusat kota tepatnya berada di Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan. Letaknya yang sangat dekat dengan pusat kota menjadikan pantai ini menjadi salah satu pantai favorit warga Pacitan.

4. Pantai Banyu Tibo

sumber: rinywulan.com

 

 Pantai Banyu Tibo berada segaris dengan Pantai Klayar dan masuk dalam wilayah Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan. Daya tarik dari pantai ini adalah adanya sebuah air terjun setinggi kurang lebih 10 meter yang airnya langsung mengalir ke permukaan pantai.

5. Goa Tabuhan

sumber: backpackology.me

 

 Goa Tabuhan terletak di Dukuh Tabuhan, Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan yang berjarak sekitar 25 km dari pusat kota. Didalam gua yang panjangnya sekitar 100 meter ini kita bisa melihat stalgtit dan stalagmit yang cukup cantik.

6. Pantai Watu Karung

sumber: ketahui.com

 

 Pantai Watu Karung terletak di Wilayah Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Ombak di pantai ini cukup besar sehingga cocok dijadikan sebagai tempat untuk bermain selancar.

7. Pantai Sidomulyo

sumber: travel.detik.com

 

 Pantai Sidomulyo terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan yang jaraknya sekitar 50 km dari pusat kota. Pantai Sidomulyo memiliki pasir dengan warna putih kekuningan yang menghampar sepanjang kurang lebih 2 km.

8. Goa Gong

 
sumber: www.initempatwisata.com

 Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan dan terletak tidak jauh dari Goa Tabuhan. Diberi nama Goa Gong karena didalam goa ini terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menghasilkan suara seperti suara gong.

9. Wisata Sungai Maron

sumber: www.initempatwisata.com

 

 Sungai Maron yang terletak di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan ini biasa disebut dengan Amazone-nya Pacitan. Saat menyusuri sungai ini kita akan disuguhi pemandangan yang indah. Aliran sungai ini akan berakhir di Pantai Ngiroboyo.

10. Pemandian Tirto Husodo 

 
sumber: blog.hicity.co.id

Pemandian Tirto Husodo terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan dan berjarak sekitar 15 km arah utara Kota Pacitan.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Nganjuk yang wajib Dikunjungi

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang. Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.   10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi 1. Air Terjun Merambat Roro Kuning sumber: tilulas.com   Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemud

10 Tempat Wisata di Batang yang Wajib Dikunjungi

Tidak banyak orang yang mengenal kabupaten termuda di Provinsi Jawa Tengah ini. Padahal letaknya hanya sekitar 2 jam perjalanan saja dari Semarang yang merupakan ibukota provinsi. Selain itu Kabupaten Batang sebenarnya sebagian wilayahnya berada di jalur utama pantai utara Jawa yang merupakan jalan negara dan akses utama dari Jakarta menuju ke Surabaya. Orang banyak yang mengira bahwa Batang (masih) merupakan bagian dari Kabupaten Pekalongan, padahal Batang merupakan kabupaten yang berdiri sendiri. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Batang yang wajib dikunjungi. 1. Kebun Teh Pagilaran   sumber gambar: potensijateng.com  Kebun Teh Pagilaran adalah sebuah perkebunan teh yang terletak di perbukitan Dieng Utara tepatnya di Desa Keteleng, Kecamatan Blado yang berada pada ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Kebun teh seluas 1.100 hektare ini berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Batang. Jika mengunjungi tempat ini maka kita akan disuguhi hijaunya pemandangan serta uda

10 Tempat Wisata di jambi yang wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di jambi yang wajib Dikunjungi - Jambi merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada di Pulau Sumatra. Jambi dikenal sebagai tempat berasalnya Bangsa Melayu yang berasak dari Kerajaan Malayu yang dahulu pernah ada di Batang Hari. Provinsi Jambi didiami oleh beberapa etnis yang berbeda seperti Melayu, Minangkabau, Jawa, Batak, Cina, dan beberapa suku yang masih tinggal di pedalaman. Nama ibukota dari provinsi ini sama dengan nama provinsi itu sendiri yaitu Kota Jambi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di jambi yang wajib Dikunjungi 1. Candi Muaro Jambi sumber:  junantoherdiawan.com Candi Muaro Jambi terletak di Kecamatan Muara Sebo, Kabupaten Muaro Jambi yang berada persis ditepian Sungai Batang Hari dan berjarak sekitar 26 km dari pusat Kota Jambi. Candi Muaro Jambi merupakan sebuah kompleks candi Hindu dan Buddha yang merupakan peninggalan jaman Kerajaan Sriwijaya dan Melayu yang dibangun pada seki