Skip to main content

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang.

Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.

 

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

1. Air Terjun Merambat Roro Kuning

sumber: tilulas.com

 

Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemudian aliran  air terjun tersebut membentuk trisula. 

2. Candi Ngetos

sumber: inforall77.blogspot.com

 

 Candi Ngetos terletak di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk yang berjarak sekitar 17 km dari arah Kota Nganjuk. Menurut peneletian yang dilakukan oleh para ahli,disimpulkan berdasarkan bentuknya Candi Ngetos ini dibangun  pada sekitar abad XV (kelimabelas) yakni pada masa Kerajaan Majapahit. 

3. Candi Lor 

sumber: marvelwordpress.wordpress.com

 

Candi Lor terletak di Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk. Candi ini dibangun pada sekitar tahun 937 M dengan menggunakan batu bata merah sebagai salah satu tanda penetapan kawasan Anjuk Ladang yang sekarang ini dikenal sebagai Kabupaten Nganjuk.

4. Goa Margo Tresno

sumber: pesonawisatanganjuk.blogspot.com

 

Goa Margo Tresno terletak di Dusun Cabean, Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk. Goa yang terletak di tengah hutan jati Pegunungan Kendeng ini dikenal oleh masyarakat luas karena kemagisannya. Didalam Goa Margo Tresno ini dihuni oleh ribuan kelelawar.

5. Jurang Gathuk

sumber: tilulas.com

 

 Jurang Gathuk adalah sebuah jurang atau pertemuan dua buah jurang yang dialiri oleh air yang cukup jernih. Dibawah jurang tersebut terdapat sebuah kolam yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berenang. Jurang Gathuk terletak di Desa Gondang, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk.

6. Air Terjun Singokromo

sumber: dzofar.com

 

Air Terjun Singokromo terletak di Desa Sawahan, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Air Terjun Singokromo memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan debit aliran yang cukup besar. Air terjun ini terletak tidak jauh dari Air Terjun Sedudo.

7. Monumen Dr. Soetomo

sumber: nganjukshop.com

 

Monumen Dr. Soetomo terletak di Desa Ngepeh, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk yang awalnya merupakan rumah dari nenek salah satu pahlawan nasional ini. 

8. Air Terjun Sedudo

sumber: worldtourismindonesia.blogspot.com

 

Air Terjun Sedudo terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan yang berjarak sekitar 30 km arah selatan pusat Kota Nganjuk. Selain karena keindahannya, pada bulan Suro air terjun ini banyak didatangi oleh warga sekitar yang akan melaksanakan ritual Mandi Sedudo untuk mendapatkan keberkahan.

9. Taman Anjuk Ladang

sumber: surabaya.panduanwisata.id

 

Taman Anjuk Ladang hanya berjarak sekitar 2 km dari pusat Kota Nganjuk. Taman ini dilengkapi oleh beberapa fasilitas seperti tempat bermain anak, jogging track, bumi perkemahan dan berbagai fasilitas lain. Di Taman Anjuk Ladang ini kita masih bisa menikmati udara yang cukup sejuk karena ada banyak pohon yang ditanam disekitar tempat ini. 

10. Monumen Jenderal Sudirman

sumber: telanganjuk.blogspot.com

 

Monumen Jenderal Sudirman terletak di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret yang berjarak sekitar 22 km arah selatan pusat Kota Nganjuk. 





Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Batang yang Wajib Dikunjungi

Tidak banyak orang yang mengenal kabupaten termuda di Provinsi Jawa Tengah ini. Padahal letaknya hanya sekitar 2 jam perjalanan saja dari Semarang yang merupakan ibukota provinsi. Selain itu Kabupaten Batang sebenarnya sebagian wilayahnya berada di jalur utama pantai utara Jawa yang merupakan jalan negara dan akses utama dari Jakarta menuju ke Surabaya. Orang banyak yang mengira bahwa Batang (masih) merupakan bagian dari Kabupaten Pekalongan, padahal Batang merupakan kabupaten yang berdiri sendiri. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Batang yang wajib dikunjungi. 1. Kebun Teh Pagilaran   sumber gambar: potensijateng.com  Kebun Teh Pagilaran adalah sebuah perkebunan teh yang terletak di perbukitan Dieng Utara tepatnya di Desa Keteleng, Kecamatan Blado yang berada pada ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Kebun teh seluas 1.100 hektare ini berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Batang. Jika mengunjungi tempat ini maka kita akan disuguhi hijaunya pemandangan serta uda

10 Tempat Wisata di jambi yang wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di jambi yang wajib Dikunjungi - Jambi merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada di Pulau Sumatra. Jambi dikenal sebagai tempat berasalnya Bangsa Melayu yang berasak dari Kerajaan Malayu yang dahulu pernah ada di Batang Hari. Provinsi Jambi didiami oleh beberapa etnis yang berbeda seperti Melayu, Minangkabau, Jawa, Batak, Cina, dan beberapa suku yang masih tinggal di pedalaman. Nama ibukota dari provinsi ini sama dengan nama provinsi itu sendiri yaitu Kota Jambi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di jambi yang wajib Dikunjungi 1. Candi Muaro Jambi sumber:  junantoherdiawan.com Candi Muaro Jambi terletak di Kecamatan Muara Sebo, Kabupaten Muaro Jambi yang berada persis ditepian Sungai Batang Hari dan berjarak sekitar 26 km dari pusat Kota Jambi. Candi Muaro Jambi merupakan sebuah kompleks candi Hindu dan Buddha yang merupakan peninggalan jaman Kerajaan Sriwijaya dan Melayu yang dibangun pada seki