Skip to main content

10 Makanan Khas Indonesia yang Hanya Ada di Bulan Puasa

10 Makanan Khas Indonesia yang Hanya Ada di Bulan Puasa - Ramadan atau bulan puasa adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam diseluruh dunia termasuk Indonesia. Di bulan ini seluruh umat Islam diwajibkan untuk berpuasa atau tidak makan dan minum dari mulai subuh sampai dengan maghrib. Setelah adzan maghrib berbunyi, baru lah diperbolehkan makan kembali yang disebut dengan berbuka puasa. Biasanya berbuka puasa diawali dengan makanan yang manis-manis. Bahkan dibeberapa daerah di Indonesia, ada beberapa makanan khas yang hanya ada pada saat bulan puasa saja.


Baca juga: 5 Kuliner Khas Banyuwangi yang Wajib Dicicipi


10 Makanan Khas Indonesia yang Hanya Ada di Bulan Puasa



1. Kicak, Yogyakarta

www.tokomesin.com

Kuliner khas Indonesia pertama yang hanya ada di bulan puasa adalah kicak yang berasal dari Yogyakarta. Makanan ini berasal dari daerah sekitar Masjid Gede Kauman yang sampai saat ini juga masih bisa ditemukan di daerah tersebut pada bulan puasa. Kicak terbuat dari beras ketan yang sudah dikukus kemudian dihaluskan sampai mirip dengan jadah. Ketan tersebut kemudian dicampur dengan parutan buah kelapa dan juga nangka. Rasanya cukup unik perpaduan antara rasa manis dan gurih.



2. Gulai Kakuwah, Bengkulu

bundadontworry.wordpress.com

Gulai Kakuwah berasal dari Kabupaten Mukomuko di Bengkulu. Makanan yang satu ini biasanya justru dihidangkan pada saat sahur. Gulai kakuwah dimasak dengan menggunakan kuah yang tidak terlalu banyak. Bahan yang digunakan bisa berupa ikan laut maupun ikan tawar.




3. Sotong Pangkong, Pontianak

www.tukangjalanjajan.com

Sotong Pangkong berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat. Kuliner ini berupa masakan dari cumi kering yang dibakar. Yang paling unik adalah setelah cumi-cumi tersebut dibakar, pengolahan berikutnya adalah dengan cara memukul-mukul cumi dengan menggunakan palu. Soto pangkong biasanya disajikan pada saat berbuka puasa.



4. Gulai Siput, Tanjungpinang

bayuwinata.wordpress.com

Di Tanjungpinang, Kepulauan Riau salah satu makanan khas yang hanya bisa dijumpai pada saat bulan puasa adalah gulai siput. Kuliner yang satu ini biasa dijadikan sebagai lauk pada saat berbuka puasa. Rasanya cukup lezat dan menggugah selera. Apalagi untuk orang yang selama seharian telah menahan rasa laparnya.



5. Bongko Kopyor, Gresik

www.youtube.com

Salah satu camilan yang dimakan orang Gresik pada saat berbuka puasa adalah bongko kopyor. Bahan dasar dari bongko kopyor adalah buah kelapa, tepung terigu, pisang, santan kelapa, dan roti tawar. Bahan-bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang untuk kemudian dikukus.





6. Sate Susu, Bali

media.iyaa.com

Jika berkesempatan merasakan puasa di Pulau Bali terutama Denpasar, jangan sampai melewatkan untuk mencicipi sate susu yang hanya ada di bulan Ramadan ini. Sate susu dibuat dari potongan susu atau payudara sapi yang kemudian dibakar seperti sate pada umumnya. Sate susu dipercaya dapat berkhasiat baik bagi kesehatan tubuh seperti kita saat meminum susu.




7. Ketan Bintul, Serang

cumibunting.com

Makanan khas bulan puasa dari Serang, Banten adalah ketan bintul. Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini memang berbahan dasar ketan yang dicampur dengan potong daging sapi dan juga gulainya. Konon katanya ketan bintul merupakan salah satu makanan kesukaan raja-raja Banten dan sudah ada sejak abad ke-15.




8. Pakat, Tapanuli

www.merdeka.com

Makanan khas bulan puasa dari Tapanuli, Sumatra Utara ini cukup unik karena terbuat dari rotan. Namun rotan yang digunakan adalah rotan muda yang masih mempunyai daging yang masih cukup empuk. Cara mengolahnya adalah dengan cara membakar rotan kurang lebih selama 1 jam. Setelah matang, daging rotan tersebut kemudian dipotong kecil-kecil sebelum disajikan. Pakat biasa dinikmati bersama dengan kuah santan.




9. Es Kopi Luwak, Lampung Barat

www.jendelakuliner.com

Lampung memang dikenal sebagai daerah penghasil kopi di Indonesia. Tidak mengherankan jika kopi menjadi salah satu minuman paling favorit masyarakat Lampung. Tidak terkecuali pada bulan puasa. Salah satu minuman favorit untuk buka puasa di Lampung adalah es kopi luwak.



10. Mie Glosor, Bogor

ink361.com

Yang terakhir makanan khas yang hanya ada di bulan puasa adalah mie glosor yang berasal dari Bogor, Jawa Barat. Mie glosor dibuat dengan menggunakan mie kuning yang bertekstur kenyal dan mudah ditelan.


Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi - Kabupaten Ngawi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berada di ujung paling barat dan berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Nama Ngawi sendiri berasal dari Bahasa Sanskerta "Awi" yang berati bambu. Konon katanya Kabupaten Ngawi merupakan hutan bambu. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi 1. Kebun Teh Jamus sumber: kampoengngawi.com   Kebun Teh Jamus terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi yang berada di lereng Gunung Lawu. Kebun Teh Jamus sudah ada sejak jaman kolonial Belanda dahulu yaitu pada sekitar tahun 1800-an. Yang paling terkenal di Kebun Teh Jamus adalah Borobudur Hills. Disebut dengan Borobudur Hills karena jika dilihat dari atas bukit tersebut terlihat seperti Candi Borobudur yang ada d Magelang, Jawa Tengah. 2. Air Terjun Pengantin sumber: www.bantarangin.net    N

6 Pantai Tercantik di Padang, Sumatra Barat

6 Pantai Tercantik di Padang - Padang merupakan ibukota dari Provinsi Sumatra Barat. Penduduk asli Sumatra Barat merupakan Suku Minang. Sumatra Barat dikenal dengan beberapa masakan atau kuliner khasnya yang tidak hanya saja lezat tapi juga terkenal diseluruh dunia, salah satu contohnya adalah rendang. Bahkan rendang pernah menjadi makanan paling lezat di dunia berdasarkan polling yang pernah dilakukan oleh kantor berita internasional. Salah satu yang bisa dilakukan saat jalan-jalan ke Padang selain mencicipi kuliner khasnya tentu saja adalah mengunjungi pantai-pantainya yang cantik. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Jakarta 6 Pantai Tercantik di Padang, Sumatra Barat 1. Pantai Pamutusan www.dwiaryanti.com Pantai Pamutusan terletak di kawasan Bungus Teluk Kabung yang berjarak sekitar satu jam perjalan menggunakan kapal cepat dari Kota Padang. Pantai Pamutusan merupakan salah satu pantai tersembunyi yang belum banyak diketahui orang. Pantai Pamutusan dikelil

10 Tempat Wisata di Madura yang Wajib Kunjungi

10 Tempat Wisata di Madura yang Wajib Kunjungi - Madura adalah sebuah pulau yang terletak disebelah timur laut Pulau Jawa dan masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur. Pulau Madura terbagi menjadi 4 wilayah kabupaten yaitu Bangkalan, Sumenep, Pamekasan, dan Sampang. Salah satu budaya yang paling terkenal dari Pulau Madura adalah karapan sapi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Blitar yang Wajib Dikunjungi Setelah dibangunnya Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dan Madura, kini Madura menjadi salah satu tempat alternatif untuk berlibur di Jawa Timur. 10 Tempat Wisata di Madura yang Wajib Kunjungi 1. Pantai Siring Kemuning sumber: www.telusurindonesia.com    Pantai Siring Kemuning terletak di Desa Mecajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan dan berjarak sekitar 41 km arah utara dari pusat Kota Bangkalan. Dipinggir pantai ini tumbuh banyak pepohonan yang menambah pemandangan semakin indah dan udara menjadi sejuk walaupun berada ditepi pantai. 2. Panta