Skip to main content

10 Gunung Tertinggi di Dunia

10 Gunung Tertinggi di Dunia - Gunung Biasa dikenal sebagai pasaknya bumi yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan bumi. Tidak hanya di Indonesia saja, jalur "Ring of Fire" juga membentang ke beberapa negara lain di dunia. Namun tidak semua gunung yang ada di dunia tersebut aktif sampai sekarang. Selebihnya merupakan gunung mati yang tetap menyimpan keindahan serta rasa penasaran para pecinta alam untuk mendaki menuju ke puncaknya.


Baca juga: 10 Gunung Tertinggi di Indonesia


10 Gunung Tertinggi di Dunia



1. Gunung Everest

sumber: www.summitpost.org

Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia. Gunung Everest terletak diperbatasan antara Nepal dan Tibet. Ketinggian gunung ini mencapai 8.848 meter. Dalam Bahasa Nepal Gunung Everest biasa disebut dengan nama Sagarmatha yang mempunyai arti kepala langit. Sementara dalam Bahasa Tibet Gunung Everest biasa dikenal dengan nama Chomolangma yang berarti bunda semesta.



2. Gunung Aconcagua

sumber: ovz.dmitronsf.top

Gunung Aconcagua merupakan gunung tertinggi kedua di dunia dan gunung tertinggi di Benua Amerika. Gunung Aconcagua terletak diperbatasan antara Argentina dan Chili. Gunung Aconcagua mempunyai ketinggian 6.962 meter. 





3. Gunung McKinley

sumber: www.usatoday.com

Gunung McKinley biasa dikenal juga dengan nama Gunung Denali. Gunung McKinley merupakan gunung tertinggi ketiga di dunia. Pegunungan McKinley terletak di Taman Nasional Denali yang berada di Negara Bagian Alaska. Ketinggian Gunung McKinley mencapai 6.168 meter.




4. Gunung Kilimanjaro

sumber: greenglobaltravel.com

Gunung Kilimanjaro merupakan gunung tertinggi ke-4 di dunia seklaigus gunung tertinggi di Afrika. Gunung Kilimanjaro terletak di negara Tanzania. Ketinggian Gunung Kilimanjaro ini mencapai 5.895 meter. 




5. Gunung Pico Cristobal Colon

sumber: en.wikipedia.org

Gunung Pico Cristobal Colon merupakan gunung tertinggi ke-5 di dunia dan merupakan gunung tertinggi di Columbia. Ketinggian Gunung Pico Cristobal Colon mencapai 5.700 meter. 




6. Gunung Logan

sumber: www.britannica.com

Gunung Logan merupakan gunung tertinggi ke-6 di dunia sekaligus merupakan gunung tertinggi kedua di dunia setelah Gunung McKinley. Gunung Logan terletak di Negara Kanada. Ketinggian Gunung Logan mencapai 5.959 meter.




7. Gunung Pico de Orizaba

sumber: www.summitpost.org

Gunung Pico de Orizaba merupakan gunung tertinggi ke-7 di dunia. Gunung Pico de Orizaba terletak di Negara Meksiko. Ketinggian Gunung Pico de Orizaba mencapai 5.636 meter.


8. Gunung Puncak Jaya

sumber: thai7summits.com

Puncak Jaya merupakan salah satu puncak yang berada di Pegunungan Sudirman, Papua, Indonesia. Puncak Jaya mempunyai ketinggian sekitar 5.030 meter. Gunung ini biasa disebut juga dengan nama Puncak Carstenz atau Puncak Jayadikesuma.

9. Gunung Elbrus

sumber: russiatrek.org

Gunung Elbrus merupakan gunung tertinggi ke-9 di dunia. Gunung Elbrus terletak di perbatasan antara Rusia dan Georgia. Ketinggian Gunung Elbrus mencapai 5.642 meter.

10. Gunung Vinson Masif

sumber: www.summitpost.org

Gunung Vinson Masif merupakan gunung tertinggi ke-10 di dunia. Gunung Vinson Masif terletak di Antartika. Ketinggian Gunung Vinson Masif mencapai 4.897 meter.




Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi - Blora memang tidak seterkenal Semarang atau Jepara. Namun salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini juga mempunyai banyak sekali tempat wisata cantik yang sayang kalau dilewatkan. Kabupaten Blora memiliki beragam tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai dengan wisata seni dan budaya. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi  10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi 1. Goa Terawang sumber: commons.wikimedia.org    Dinamakan Goa Terawang karena dari tempat ini kita bisa melihat langit dari celah-celah yang ada di goa ini. Goa ini mempunyai 5 buah terowongan yang terhubung menjadi satu. Goa ini berada pada kawasan seluas 13 hektare dan merupakan kompleks gua terbesar di Jawa Tengah. Selain Goa Terawang ditempat ini juga kita bisa mengunjungi goa lain seperti Goa Kuncir, Goa Bebek, Goa Macan, Goa Menggah, Goa Gombak dan Goa Kanggilan. 2. Waduk Bentolo sumber: www.harianblora.co