Skip to main content

10 Jembatan Terpanjang di Dunia

10 Jembatan Terpanjang di Dunia - Fungsi utama dari jembatan adalah untuk menghubungkan satu daerah dengan daerah lainnya yang mungkin terpisah oleh aliran sungai maupun laut. Namun saat ini jembatan juga bisa berfungsi sebagai landmark atau ikon suatu kota. Tidak mengherankan jika sekarang ini banyak jembatan yang dibangun dengan arsitektur yang sangat cantik.


Baca juga: 10 Bandara Terbaik di Dunia



10 Jembatan Terpanjang di Dunia


1. Danyang-Khunsan Grand Bridge

sumber: engineering-and-technology.blogspot.com

Danyang-Khunsan  Grand Bridge mempunyai panjang 164,8 km. Jembatan ini merupakan jembatan rel yang menghubungkan Kota Shanghai dan Nanjing yang berada di Provinsi Jiansu, China. Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 2010 dan mulai difungsikan pada tahun 2011. Sampai saat ini Danyang-Khunsan Grand Bridge masih menjadi jembatan terpanjang di Dunia.



2. Tianjin Grand Bridge

sumber: thetoptenz.net

Tianjin Grand Bridge mempunyai panjang 113,7 km. Jembatan ini merupakan bagian dari rangkaian rel kereta api cepat yang menghubungkan Beijing dan Shanghai. Tianjin Grand Bridge sendiri terletak di Kota Langfang dan Qingxian. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 2006 dan mulai digunakan pada tahun 2011. 



3. Weinan Weihe Grand Bridge

sumber: www.pinterest.com

Weina Weihe Grand Bridge mempunyai panjang total 79,7 km. Jembatan ini merupakan bagian dari jalur kereta api yang menghubungkan Kota Zhengzou dan Xian di China. Jembatan yang melintas diatas Sungai Wei ini mulai dibangun pada tahun 2008 dan mulai digunkan pada tahun 2011.


4. Bang Na Expressway

sumber: www.skyscrapercity.com

Bang Na Expressway mempunyai panjang 54 km. Jembatan ini merupakan jalan tol yang terletak di Kota Bangkok, Thailand. Jembatan ini pernah menjadi jembatan terpanjang di dunia sampai dengan tahun 2010.



5. Beijing Grand Bridge

sumber; fratip.com

Beijing Grand Bridge mempunyai panjang 48,15 km. Jembatan yang merupakan bagian dari jalur kereta api cepat yang menghubungkan Beijing dan Shanghai ini terletak di Kota Beijing, China. Beijing Grand Bridge mulai dibangun pada tahun 2008 dan selesai pada tahun 2010.



6. Lake Phonchartrain Causeway

sumber: en.wikipedia.org

Lake Phonchartrain Causeway mempunyai panjang 38,44 km. Jembatan yang terletak di Lousiana, Amerika Serikat ini biasa juga disebut dengan nama Causeway saja. Jembatan ini dibangun pada tahun 1969.



7. Manchac Swamp Bridge

sumber: fbtraffic.net

Manchac Swamp Bridge mempunyai panjang 36,71 km. Jembatan yang terletak di Lousiana, Amerika Serikat ini merupakan salah satu jembatan terpanjang di dunia yang berada diatas air. Manchac Swamp Bridge mulai dibuka untuk umum sejak tahun 1979.



8. Yangchun Bridge

sumber: www.bjreview.com.cn

Yangchun Bridge mempunyai panjang 35,81 km. Jembatan ini merupakan bagian dari jalur kereta api yang menghubungkan Beijing dan Tianjin. Yangchun Bridge selesai dibangun pada tahun 2007.



9. Hangzhou Bay Bridge

sumber: socialgadgetnews.com

Hangzhou Bay Bridge mempunyai panjang 35,67 km. Jembatan ini menghubungkan Kota Jiaxing dan Ningbo di Provinsi Zhejiang, China. Hangzhou Bay Bridge mulai dibangun pada tahun 2007 dan dibuka untuk umum setahun kemudian. Hangzhou Bay Bridge merupakan jembatan terpanjang di dunia yang berada diatas laut.



10. Runyang Bridge

sumber: bestbridge.net

Runyang Bridge mempunya panjang 35,66 km. Jembatan ini dibangun diatas Sungai Yangtze yang berada di Kota Nanjing, Provinsi Jiangsu, China. Runyang Bridge mulai dibuka untuk umum pada tahun 2005.



Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi - Demak adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kota Semarang. Kabupaten ini juga merupakan salah satu kabupaten yang paling bersejarah dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa berkat jasa yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga. Baca juga: 10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Sragen Namun tidak hanya itu saja, selain wisata religi Kabupaten Demak juga masih mempunyai banyak sekali pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai dengan wisata industri kerajinan 10 Tempat Wisata di Demak yang Wajib Dikunjungi 1. Masjid Agung Demak sumber: bujangmasjid.blogspot.com    Masjid kebanggaan warga Demak dan salah satu masjid tertua di Indonesia ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari Wali Songo dan juga Sultan Patah. Masjid Agung Demak terletak di dekat Alun-alun Demak yang masuk dalam wilayah Kelurahan Kauman, Kecamatan Demak. Masjid ini

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi - Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung paling timur dari Pulau Jawa dan biasa disebut dengan "The Sunrise of Java. Dahulu Banyuwangi hanya dikenal sebagai kota transit untuk para traveler yang ingin berkunjung ke Bali melalui jalan darat. Padahal Banyuwangi mempunyai banyak sekali tempat wisata yang tak kalah cantik yang patut untuk dikunjungi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Grobogan yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi 1. Kawah Ijen   sumber: indonesia.travel  Kawah Ijen berada pada ketinggian sekitar 2.368 mdpl dan mempunyai pemandangan yang sangat menakjubkan. Kawah Ijen mempunyai luas sekitar 20 km dan dikelilingi oleh kaldera setinggi 300 meter. Walaupun sangat cantik kawah ini sebenarnya juga cukup berbahaya karena panasnya mencapai 200 derajat celcius. Hal lain yang cukup menarik di Kawah Ijen adalah pemandangan Blue Fire atau api biru yang bisa kita li

10 Pantai Cantik di Malang yang Wajib Dikunjungi

10 Pantai Cantik di Malang yang Wajib Dikunjungi - Selama ini Malang lebih dikenal sebagai kota pegunungan yang mempunyai pemandangan yang hijau dan udaranya yang cukup segar. Padahal disisi selatan Kabupaten Malang juga terdapat jajaran pantai-pantai yang mempunyai pemandangan yang tidak kalah cantik dengan pantai-pantai yang ada di Bali atau Lombok. Pantai-pantai tersebut bisa menjadi salah satu alternatif tempat liburan saat berkunjung ke Malang. Baca juga: 10 Pantai Cantik di Kebumen yang Wajib dikunjungi 10 Pantai Cantik di Malang yang Wajib Dikunjungi 1. Pantai Sendang Biru sumber:  www.malangkab.go.id Pantai Sendang Biru terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang berjarak sekitar 67 km dari pusat Kota Malang. Pantai Sendang Biru merupakan pintu gerbang untuk menuju kawasan konservasi Pulau Sempu yang mempunyai pemandangan yang sangat cantik. 2. Pantai Ngliyep sumber:  nginepmana.com Pantai