Skip to main content

10 Tempat Wisata di Palangkaraya yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Palangkaraya yang Wajib Dikunjungi - Palangkaraya merupakan kota terbesar sekaligus ibukota Provinsi Kalimantan. Kota ini merupakan kota dengan wilayah terluas di Indonesia. Kota Palangkaraya luasnya 3 kali lebih luas dari keseluruhan wilayah Jakarta. Sebagian besar wilayah Kota Palangkaraya masih terdiri dari hutan baik hutan lindung, konservasi alam, dan hutan tangkiling.


Baca juga: 10 Tempat Wisata di Batam yang Wajib Dikunjungi


10 Tempat Wisata di Palangkaraya yang Wajib Dikunjungi


1. Danau Tahai

sumber: www.tripadvisor.com

Danau Tahai merupakan sebuah danau yang terletak di Desa Tahai, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangkaraya. Jaraknya sekitar 30 km dari pusat Kota Palangkaraya menuju kearah Sampit. Namun Tahai sendiri diambil dari bahasa Dayak yang artinya adalah danau. Di Danau Tahai terdapat sebuah jembatan kayu berputar menghubungkan danau dan kawasan hutan yang mempunyai pemandangan sangat cantik ini.


2. Aburetum Nyaru Menteng

sumber: www.getborneo.com

Aburetum Nyaru Menteng terletak di Jalan Tjilik Riwut, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu yang letaknya tidak terlalu jauh dari Danau Tahai. Aburetum Nyaru Menteng ini sendiri merupakan tempat rehabilitasi serta konservasi bagi orang utan yang berada di lahan seluas sekitar 65 hektar yang sudah dibangun sejak tahun 1988.



3. Bukit Tangkiling

sumber: malangnews.blogspot.com

Bukit Tangkiling merupakan sebuah kawasan wisata terpadu yang terletak sekitar 34 km dari pusat Kota Palangkaraya. Dari tempat ini kita bisa melihat sebagian wilayah Palangkaraya dari ketinggian. Beberapa ikon Kota Palangkaraya seperti Jembatan Kaharingan bisa dilihat dari Bukit Tangkiling ini. Selain menikmati keindahan alam, Bukit Tangkiling juga digunakan sebagai tempat wisata religi. Di bukit ini terdapat biara dan pura Hindu.



4. Jembatan Kahayan

sumber: centralborneo.net

Jembatan Kahayan merupakan jembatan yang melintang diatas Sungai Kahayan yang menghubungkan pusat kota dengan Kelurahan Pahandut Seberang dan beberapa kabupaten lain di Kalimantan Tengah. Panjang  Jembatan Kahayan mencapai 640 meter dan lebar 9 meter. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1995 dan selesai pada 2001.



5. Sungai Kahayan

sumber: www.triptrus.com

Sungai Kahayan merupakan salah satu sungai terpanjang yang ada di Pulau Kalimantan. Sungai Kahayan panjangnya sekitar 600 km dan bermuara di 3 wilayah kabupaten di Kalimantan Tengah yaitu Kota Palangkaraya, Kabupaten Gunung Mas, dan Kabupaten Pulang Pisau. Menyusuri Sungai Kahayan bisa menjadi salah satu alternatif wisata saat berada di Palangkaraya.


6. Taman Nasional Sebangau

sumber: tantular.com

Taman Nasional Sebangau terletak diantara Sungai Sebangau dan Sungai Katingan yang masuk dalam 3 wilayah kabupaten dan kota yaitu Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Pulang Pisau. Luas Taman Nasional Sebangau mencapai 568.700 hektare. Taman Nasional Sebangau ini merupakan habitat bagi 808 jenis tumbuhan, 15 jenis mamalia, 182 jenis burung, dan 54jenis ular. 



7. Taman Nasional Tanjung Puting

sumber: www2.jawapos.com

Taman Nasional Tanjung Puting merupakan taman nasional di Kalimantan Tengah yang sudah ada sejak tahun 1937. Taman Nasional Tanjung Puting luasnya mencapai 300.040 hektare yang masuk dalm wilayah 3 kabupaten berbeda di Kalimatan Tengah yaitu Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Danau Sembuluh, dan Kabupaten Seruyan.



8. Pantai Ujung Pandaran

sumber: kalteng.tribunnews.com

Pantai Ujung Pandaran terletak di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Pantai cantik dengan pasirnya yang putih ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Pantai ini sangat tenang karena terletak jauh dari hiruk pikuk kota sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk berwisata bersama keluarga.



9. Rumah Adat Betang Mandala Wisata

sumber: centralborneo.net

Rumah Betang merupakan rumah adat Suku Dayak di Kalimantan yang biasanya tinggal di dekat sungai. Dalam satu rumah yang panjang tersebut biasanya dihuni oleh beberapa kepala keluarga sekaligus. Rumah Adat Betang Mandala Wisata merupakan replika dari rumah adat Suku Dayak yang terletak di Jalan DI Panjaitan, Kota Palangkaraya.



10. Kota Air Muara Teweh

sumber: www.skyscrapercity.com

Kota Air Muara Teweh terletak di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. Kota ini dikelilingi oleh Sungai Barito sehingga rumah-rumah pendudukny dibangun dengan sistem panggung dan berada diatas sungai. Kapal atau perahu masih menjadi kendaraan utama penduduk di desa ini.


Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Sungai Terpanjang di Dunia

10 Sungai Terpanjang di Dunia - Sungai merupakan salah satu sumber mata air yang sangat berperan penting terhadap kehidupan manusia. Air adalah sumber kehiupan, semua mahluk hidup membutuhkan air untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu, sungai juga berfungsi sebagai sarana transportasi maupun sumber tenaga listrik yang juga tidak kalah pentingnya dalam kehidupan manusia. Baca juga: 10  Sungai Terpanjang di Indonesia 10 Sungai Terpanjang di Dunia 1. Sungai Nil sumber:  africa-facts.org Sungai Nil terletak di Benua Afrika. Panjangnya mencapai 6.699 km (4.160 mil) yang menjadikannya sebagai sungai terpanjang di dunia. Sungai Nil melintasi 10 negara di Afrika yaitu Mesir, Sudan, Ethiopia, Tanzania, Burundi, Rwanda, Kongo, Kenya, Uganda, dan Sudan Selatan. Aliran Sungai Nil berakhir di Laut Mediterania. 2. Sungai Amazon sumber:  rio.wikia.com Sungai Amazon terletak di Benua Amerika tepatnya diwilayah Amerika Selatan. Panjang Sungai Amazon mencapai

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi - Blora memang tidak seterkenal Semarang atau Jepara. Namun salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini juga mempunyai banyak sekali tempat wisata cantik yang sayang kalau dilewatkan. Kabupaten Blora memiliki beragam tempat wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah sampai dengan wisata seni dan budaya. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi  10 Tempat Wisata di Blora yang Wajib Dikunjungi 1. Goa Terawang sumber: commons.wikimedia.org    Dinamakan Goa Terawang karena dari tempat ini kita bisa melihat langit dari celah-celah yang ada di goa ini. Goa ini mempunyai 5 buah terowongan yang terhubung menjadi satu. Goa ini berada pada kawasan seluas 13 hektare dan merupakan kompleks gua terbesar di Jawa Tengah. Selain Goa Terawang ditempat ini juga kita bisa mengunjungi goa lain seperti Goa Kuncir, Goa Bebek, Goa Macan, Goa Menggah, Goa Gombak dan Goa Kanggilan. 2. Waduk Bentolo sumber: www.harianblora.co