Skip to main content

10 Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Wajib Dikunjungi - Tasikmalaya merupakan salah satu kabupaten dan kota di Propinsi Jawa Barat yang terletak di daerah Priangan Timur. Tasikmalaya memiliki daerah paling luas dibandingkan dengan kabupaten yang ada disekitarnya. Sebagian besar dari wilayah Tasikmalaya merupakan lahan hijau yang digunakan sebagai lahan pertanian dan perkebunan.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Majalengka yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Wajib Dikunjungi



1. Gunung Galunggung

sumber: wisatanesia.co

Gunung Galunggung merupakan sebuah gunung yang mempunyai ketinggian sekitar 2.167 mdpl yang terletak sekitar 17 km dari pusat Kota Tasikmalaya. Gunung Galunggung tercatat pernah meletus dengan dahsyat pada tahun 1822 dan menewaskan lebih dari 4 ribu jiwa penduduk yang tinggal disekitar lereng Gunung Galunggung. Sekarang Gunung Galunggung menawarkan pemandangan alam yang cukup indah.


2. Pemandian Air Panas Ciawi

sumber: www.ceritamu.com

Pemandian Air Panas Ciawi terletak tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan Tasikmalaya dan Bandung melalui pertigaan Nagreg. Pemandian Air Panas Ciawi ini biasa dijadikan sebagai tempat singgah oleh orang yang sedang melakukan perjalan baik menuju atau meninggalkan Tasikmalaya. Mandi menggunakan air hangat bisa menghilangkan rasa capek dan lelah setelah perjalanan yang panjang.



3. Pantai Cipatujah

sumber: wanawisatakita.wordpress.com

Tidak hanya wisata pegunungan, Tasikmalaya juga ternyata punya wisata pantai yang tidak kalah cantik. Salah satunya adalah Pantai Cipatujah yang terletak di Desa Cipatujah, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya yang berjarak sekitar 74 km dari pusat Kota Tasikmalaya. Tidak hanya pemandangan pantai saja yang bisa kita lihat ditempat ini, tetapi juga balapan kerbau yang biasa dilakukan oleh penduduk yang tinggal disekitar pantai ini.



4. Kampung Naga

sumber: travel.kompas.com

Kampung Naga merupakan sebuah kampung yang terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Masyarakat yang tinggal di kampung ini sampai saat ini masih memegang kuat adat istiadat yang berasal dari leluhurnya yaitu adat Sunda walaupun mereka sudah beragama Islam. Namun masyarakat Kampung Naga menganggap bahwa mereka tidak perlu menunaikan ibdah haji ke Mekkah cukup dengan menggantinya dengan Upacara Hajat Sasih yang dilaksanakan setiap Hari Raya Haji pada tanggal 10 Rayagung/Dzulhijjah.



5. Situ Gede

sumber: rikiridwana.blogspot.com

Situ Gede terletak di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya. Situ ini mempunyai luas sekitar 47 hektare dengan kedalaman air antara 1,5 - 6 meter. Ditengah situ ini terdapat sebuah pulau kecil yang didalam terdapat makam Raden Prabudilaya yang merupakan salah satu tokoh yang disegani oleh masyarakat Sunda pada masa lampau. Situ Gede didatangi banyak orang selain karena keindahannya juga karena dijadikan sebagai salah satu tempat wisata religi.



6. Masjid Agung Manonjaya

sumber: www.skyscrapercity.com

Masjid Agung Manonjaya dibangun pada sekitar tahun 1837 masehi dan merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Tasikmalaya. Masjid ini terletak di Desa Manonjaya, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya. Masjid kebanggaan masyarakat Tasikmalaya ini kini sudah ditetapkan sebagai salah satu bangunan cagar budaya yang keberadaannya dilindungi oleh negara.



7. Teejay Waterpark

sumber: www.mangacew.com

Teejay Waterpark merupakan salah satu tempat wisata air yang sudah dibuka sejak tahun 2011. Teejay Waterpark terletak di Desa Tuguraja, Kecamatan Cihiedung, Kabupaten Tasikmalaya. Beberapa fasilitas yang bisa kita nikmati di tempat ini antara lain kolam anak, kolam arus, ember tumpah dan berbagai jenis permainan air lainnya. Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata bersama dengan keluarga.


8. Taman Rekreasi Mangkubumi Indah

sumber: tempatwisataseru.com

Taman Rekreasi Mangkubumi Indah terletak di Jalan AH Nasutin Kota Tasikmalaya. Taman rekreasi yang dilengkapi denegan berbagai fasilitas permainan yang cukup lengkap ini menempati lahan seluas kurang lebih 6 hektare. Selain berbagai wahana permainan seperti permainan air dan panggung hiburan, Taman Rekreasi Mangkubumi Indah juga dilengkapi dengan hotel dan restoran.


9. Pantai Sindangkerta

sumber: www.rumahtaziek.com

Pantai Sindangkerta terletak sekitar 4 km saja dari Pantai Cipatujah. Pantai Sindangkerta digunakan sebagai salah satu tempat untuk konservasi penyu laut agar tidak punah. Selain itu Pantai Cipatujah juga memiliki pemandangan yang tidak kalah cantik dibandingkan dengan Pantai Cipatujah.


10. Curug Dendeng

sumber: advjourney.com

Curung Dendeng terletak di Kampung Caringin, Desa Cikawung Gading, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya. Curug Dendeng terdiri dari tiga tingkatan yang masing-masing mempunyai ketinggian yang berbeda yaitu dari yang paling bawah 13 meter, 11 meter, dan tingkat paling atas tingginya mencapai 9 meter.



Baca juga: 10 Tempat Wisata di Sumedang yang Wajib Dikunjungi

Comments

Paling Banyak Dibaca

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi - Nganjuk adalah sebuah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai Kota Angin. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lain di Jawa Timur seperti Bojonegoro, Kediri, Madiun, Ponorogo, dan Jombang. Kabupaten Nganjuk yang punya sejarah cukup panjang ini ternyata punya banyak tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi.   10 Tempat Wisata di Nganjuk yang Harus Dikunjungi 1. Air Terjun Merambat Roro Kuning sumber: tilulas.com   Air Terjun ini merupakan  sebuah air terjun atau curug  yang berlokasi sekitar 27-30 km arah selatan kota Nganjuk. Air Terjun Merambat Roro Kuning berada pada  ketinggian 600 mdpl. Sementara tinggi air terjunnya sendiri adalah  10-15 m. Aliran Air terjun Roro Kuning  berasal dari tiga sumber yang ada disekitar Gunung Wilis. Air tersebut mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan padas di bawah pepohonan hutan pinus. Kemud

10 Tempat Wisata di Batang yang Wajib Dikunjungi

Tidak banyak orang yang mengenal kabupaten termuda di Provinsi Jawa Tengah ini. Padahal letaknya hanya sekitar 2 jam perjalanan saja dari Semarang yang merupakan ibukota provinsi. Selain itu Kabupaten Batang sebenarnya sebagian wilayahnya berada di jalur utama pantai utara Jawa yang merupakan jalan negara dan akses utama dari Jakarta menuju ke Surabaya. Orang banyak yang mengira bahwa Batang (masih) merupakan bagian dari Kabupaten Pekalongan, padahal Batang merupakan kabupaten yang berdiri sendiri. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Batang yang wajib dikunjungi. 1. Kebun Teh Pagilaran   sumber gambar: potensijateng.com  Kebun Teh Pagilaran adalah sebuah perkebunan teh yang terletak di perbukitan Dieng Utara tepatnya di Desa Keteleng, Kecamatan Blado yang berada pada ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Kebun teh seluas 1.100 hektare ini berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Batang. Jika mengunjungi tempat ini maka kita akan disuguhi hijaunya pemandangan serta uda

10 Tempat Wisata di jambi yang wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di jambi yang wajib Dikunjungi - Jambi merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada di Pulau Sumatra. Jambi dikenal sebagai tempat berasalnya Bangsa Melayu yang berasak dari Kerajaan Malayu yang dahulu pernah ada di Batang Hari. Provinsi Jambi didiami oleh beberapa etnis yang berbeda seperti Melayu, Minangkabau, Jawa, Batak, Cina, dan beberapa suku yang masih tinggal di pedalaman. Nama ibukota dari provinsi ini sama dengan nama provinsi itu sendiri yaitu Kota Jambi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di jambi yang wajib Dikunjungi 1. Candi Muaro Jambi sumber:  junantoherdiawan.com Candi Muaro Jambi terletak di Kecamatan Muara Sebo, Kabupaten Muaro Jambi yang berada persis ditepian Sungai Batang Hari dan berjarak sekitar 26 km dari pusat Kota Jambi. Candi Muaro Jambi merupakan sebuah kompleks candi Hindu dan Buddha yang merupakan peninggalan jaman Kerajaan Sriwijaya dan Melayu yang dibangun pada seki