Skip to main content

10 Tempat Wisata di Tuban yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Tuban yang Wajib Dikunjungi - Tuban adalah saah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur dan sebagian besar wilayahnya berada di pesisir Pantai Utara Jawa. Kabupaten ini berjarak sekitar 101 km dari Surabaya dan berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Pada jaman dahulu Tuban merupakan salah satu pelabuhan utama bagi Kerajaan Majapahit.

Baca juga:  10 Tempat Wisata di Jember yang Wajib Dikunjungi

Tuban mempunyai banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi mulai dari wisata alam sampai dengan wisata sejarah dan religi.

10 Tempat Wisata di Tuban yang Wajib Dikunjungi



1. Pantai Boom

sumber: gotuban.blogspot.com

 

 Pantai Boom adalah  pantai yang letaknya paling dekat dengan pusat kota. Pantai ini pada jaman dahulu merupakan tempat bersandarnya kapal-kapal milik saudagar yang ingin berdagang di Tuban. Letaknya yang sangat dekat dengan pusat kota menjadi pantai ini banyak didatangi oleh masyarakat setiap harinya terutama pada pagi atau sore hari.

2. Pantai Sowan

sumber: pergiberwisata.com

 

Pantai Sowan terletak dikawasan yang dikelola oleh PT Perhutani yang berada di jalur pantura tepatnya di Dusun Sowan, Desa Bogorejo, Kecamatan Banjar, Kabupaten Tuban dan berjarak sekitar 40 km dari pusat kota.  Tidak hanya keindahan pantai saja yang bisa kita saksikan ditempat ini, tetapi juga hutan yang berada dipinggir pantai yang hijau dan semakin menambah keindahan pemandangan.

3. Pantai Cemara dan Wisata Mangrove

sumber: pergiberwisata.com

 

Pantai Cemara terletak di Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban yang berjarak sekitar 8 km dari pusat kota. Pantai ini dikelilingi oleh hutan mangrove yang berguna untuk mencegah abrasi atau pengikisan tanah akibat ombak. Selain hutan mangrove ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk berwisata.

4. Pantai Kelapa

sumber: log.viva.co.id

 

 Pantai Kelapa terletak di Desa Panyurang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban dan berjarak sekitar 6 km dari pusat kota. Karena letaknya yang berada di Desa Panyuran, pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Panyuran oleh masyarakat Tuban. Selain keindahan pantai, ditempat ini kita juga menyaksikan aktivitas penduduk sekitar seperti memanen rumput laut.

 

5. Goa Ngerong

sumber: eastjava.com

 

Goa Ngerong terletak di Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Goa ini mempunyai panjang sekitar 1,8 km. Untuk menyusuri gua ini kita bisa menyewa perahu karet. Sungai yang ada didalam gua ini dihuni oleh banyak sekali ikan yang oleh masyarakat sekitar dianggap sebagai ikan keramat.

6. Goa Akbar

sumber: mococorner.com

 

Goa Akbar berada persis dibawah Pasar Baru Tuban. Konon katanya gua ini dahulunya merupakan kediaman atau tempat bertapanya Sunan Kalijaga.  Selain stalaktit dan stalagmit yang cantik didalam gua ini kita juga bisa menemukan mushola, tempat wudhu dan paseban wali.

7. Air Terjun Nglirip

sumber: kompasiana.com

 

 Air Terjun atau Grajagan Nglirip terletak di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 30 meter dan lebar sekitar 28 meter yang dipenuhi dengan aliran air yang cukup deras.

8. Pemandian Bektiharjo

sumber: wisatatuban.com

 

Pemandian Bektiharjo terletak di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaen Tuban dan berjarak sekitar 6 km dari pusat kota. Ditempat ini terdapat dua buah kolam yaitu kolang lanang dan wadon yang bisa digunakan untuk berenang. Dahulu pengunjung yang ingin berenang dipisah antara pengunjung pria dan wanita sesuai dengan kolamnya.

9. Museum Kambang Putih

sumber: log.viva.co.id

 

 Museum ini berada dipusat kota dan terletak tidak jauh dari Makam Sunan Bonang dan Masjid Agung Tuban. Museum ini mempunyai berbagai koleksi mulai dari benda purba, uang kuno, wayang kulit, wayang golek sampai dengan barongsai.

10. Masjid Agung Tuban

sumber: klikhotel.com

 

Masjid Agung Tuban dibangun pada sekitar abad ke-15 oleh bupati pertama yang memeluk agama Islam yaitu Adipati Raden Ario Tedjo. Masjid ini sampai saat ini sudah mengalami beberapa perubahan namun dengan tetap mempertahankan beberapa bentuk aslinya.

Comments

Paling Banyak Dibaca

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo

5 Tempat Ngabuburit Favorit di Solo - Kalau jalan-jalan di Solo selama bulan puasa, kita juga bisa menghabiskan waktu sore kita atau ngabuburit dibeberapa tempat yang tersebar di Kota Solo. Sama seperti di kota lain, di Solo juga banyak bermunculan pasar sore dadakan yang menjual berbagai jajanan dan makanan untuk berbuka puasa. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Surabaya 5 Tempat Ngabuburit Favorit di Malang 1. Stadion Manahan www.radarindo.com Tempat ngabuburit favorit pertama yang ada di Solo adalah Stadion Manahan. Stadion kebanggan warga Solo yang menjadi markas Persis Solo ini setiap harinya dipadati oleh warga yang ingin berolahraga atau sekedar menghabiskan waktu menjelang olahraga. Untuk yang hobi olahraga, Stadion Manahan adalah tempat yang tepat untuk digunakan untuk olahraga ringan sebelum waktu berbuka puasa tiba. 2. Kampus UNS koranjitu.com Yang ngabuburit kedua yang menjadi favorit warga Solo adalah kawasan kampus Universi

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia - Sebuah tugu atau monumen biasanya dibangun untuk mengenang sesuatu yang pernah terjadi pada masa lampu. Selain sebagai bukti sejarah, tugu-tugu tersebut sekarang ini juga bisa menjadi simbol atau ikon kota. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota tersebut tanpa berfoto atau mengunjungi tugu-nya. Baca juga: 10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi 5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia 1. Tugu Putih, Yogyakarta sumber:  beautifullofindonesian.com Tugu Putih atau yang biasa dikenal dengan nama Tugu Jogja merupakan salah satu tempat yang paling rame dikunjungi orang setiap harinya hanya untuk mengambil foto. Tugu ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I satu tahun setelah pendirian Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yaitu pada tahun 1757. Awalnya Tugu Putih ini berbentuk seperti golog gilig dengan tinggi mencapai 25 meter. Namun akibat gempa besar yang terjadi di Jogja pada 10 Juni 1867 tugu tersebut

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi - Kabupaten Ngawi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berada di ujung paling barat dan berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Nama Ngawi sendiri berasal dari Bahasa Sanskerta "Awi" yang berati bambu. Konon katanya Kabupaten Ngawi merupakan hutan bambu. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi 1. Kebun Teh Jamus sumber: kampoengngawi.com   Kebun Teh Jamus terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi yang berada di lereng Gunung Lawu. Kebun Teh Jamus sudah ada sejak jaman kolonial Belanda dahulu yaitu pada sekitar tahun 1800-an. Yang paling terkenal di Kebun Teh Jamus adalah Borobudur Hills. Disebut dengan Borobudur Hills karena jika dilihat dari atas bukit tersebut terlihat seperti Candi Borobudur yang ada d Magelang, Jawa Tengah. 2. Air Terjun Pengantin sumber: www.bantarangin.net    N