Skip to main content

10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi - Pati adalah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang mempunyai semboyan "Bumi Mina Tani". Kabupaten Pati berbatasan langsung dengan beberapa wilayah lain di Jawa Tengah seperti Rembang, Jepara, Grobogan, dan Kudus

Baca juga: 10 Tempat Wisata  di Wonogiri yang Wajib Dikunjungi

Wilayah Pati terdiri dari wilayah yang cukup beragam mulai dari laut, dataran rendah, sampai dengan pegunungan. Kontur wilayahnya yang cukup beragam inilah yang menjadikan Pati mempunyai beberapa jenis wisata yang berbeda.

10 Tempat Wisata di Pati yang Wajib Dikunjungi




1. Pantai Banyutowo

sumber: kodokbanget.blogspot.com

 

 Pantai Banyutowo terletak sekitar 36 km arah utara dari pusat kota Pati tepatnya berada di Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati. Tidak hanya pemandangan pantai yang cukup indah, di Pantai Banyutowo ini kita juga bisa menyaksikan aktivitas penduduk sekitar yang bermata pencaharian sebagai seorang nelayan. Mereka biasanya menyandarkan kapal mereka dipinggir pantai ini.

 

2. Waduk Gunung Rowo

sumber: buzzerbeezz.com

 

 Waduk Gunung Rowo terletak di kaki Gunung Muria. Waduk yang sudah dibangun sejak jaman kolonial Belanda ini bisa menampung air sebanyak 5,5 juta kubik yang digunakan sebagai sarana irigasi di Kabupaten Pati dan sekitarnya. Selain itu tempat ini juga biasa dijadikan sebagai tempat untuk berwisata.

3. Waduk Seloromo

sumber: dwiwahyulestari.wordpress.com

 

 Waduk Seloromo juga terletak di lereng Gunung Muria yang masuk dalam wilayah Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati. Waduk ini dibuat pada sekitar tahun 1930 oleh Pemerintah Belanda. Sebagian suplai air yang menuju ke Waduk Seloromo berasal dari Waduk Gunung Rowo. Waduk ini dijadikan sebagai sumber irigasi sekaligus tempat untuk budidaya ikan tawar.

4. Curug Tadah Hujan 

sumber: www.skyscrapercity.com

 

Curug Tadah Hujan terletak di Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 75 meter. Curug Tadah Hujan ini berada diantara 2 tebing yang menjadikannya punya pemandangan yang cukup indah.

5. Air Terjun Grenjengan Sewu

sumber: www.silanews.com

 

 Air Terjun Grenjengan Sewu terletak di Desa Jrahi, Kecamatan Gunung Wungkal, Kabupaten Pati. Air Terjun Grenjeng Sewu mempunyai ketinggian sekitar 25 meter dan berada dilokasi yang ada pada ketinggian 485 mdpl. Suasana ditempat ini sangat sunyi dan cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk refreshing.

6. Agrowisata Jolong

sumber: www.yukpegi.com

 

 Agrowisata Jolong terletak di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati dan berada pada kawasan perkebunan PTPN IX (Persero) yang berada di lereng Gunung Muria. Ditempat ini kita bisa menikmati pemandangan perkebunan kopi yang cukup luas dengan udara yang sangat segar.

 

7. Goa Pancur

sumber: www.tipswisatamurah.com

 

 Goa Pancur adalah sebuah goa yang terletak diperbukita batu kapur (karst) yang ada di lereng Gunung Kendeng. Gua ini mempunyai kedalaman sekitar 700 meter. Pada jaman penjajahan Belanda, goa ini sempat dijadikan sebagai tempat persembunyian bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

 

8. Pulau Seprapat

sumber: ketoprakjawa.wordpress.com

 

Kata Seprapat berasal dari Bahasa Jawa yang artinya adalah seperempat. Pulau kecil ini berada ditengah Sungai Silugonggo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. Selain punya banyak sejarah, tempat ini juga punya pemandangan yang cukup indah.


9. Simpang Lima Pati

sumber: muriaraya.wordpress.com

 

 Simpang Lima Pati terletak dipusat kota yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat Kabupaten Pati untuk berinteraksi. Selain bisa dijadikan sebagai tempat untuk berwisata kuliner, ditempat ini kita juga bisa menemukan berbagai barang jualan mulai dari pakaian sampai hewan peliharaan.

 

10. Pintu Gerbang Majapahit 

sumber: pariwisatapati.wordpress.com

 

Pintu Gerbang Majapahit terletak di Desa Muktiharjo, Kecamatan Margoharjo, Kabupaten Pati. Pintu Gerbang Majapahit sendiri adalah sebuah kayu jati ukir model kupu tarung beserta bantalannya yang terletak diatas gazeblo joglo. Tetapi menurut penelitian, pintu tersebut bukanlah pintu yang berasal dari Majapahit, melainkan pintu di Kadipaten Pati.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Rembang yang Wajib Dikunjungi

Comments

Paling Banyak Dibaca

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia

5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia - Sebuah tugu atau monumen biasanya dibangun untuk mengenang sesuatu yang pernah terjadi pada masa lampu. Selain sebagai bukti sejarah, tugu-tugu tersebut sekarang ini juga bisa menjadi simbol atau ikon kota. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota tersebut tanpa berfoto atau mengunjungi tugu-nya. Baca juga: 10 Pantai di Gunungkidul yang Wajib Dikunjungi 5 Tugu Paling Terkenal di Indonesia 1. Tugu Putih, Yogyakarta sumber:  beautifullofindonesian.com Tugu Putih atau yang biasa dikenal dengan nama Tugu Jogja merupakan salah satu tempat yang paling rame dikunjungi orang setiap harinya hanya untuk mengambil foto. Tugu ini dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I satu tahun setelah pendirian Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yaitu pada tahun 1757. Awalnya Tugu Putih ini berbentuk seperti golog gilig dengan tinggi mencapai 25 meter. Namun akibat gempa besar yang terjadi di Jogja pada 10 Juni 1867 tugu tersebut

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi - Kabupaten Ngawi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berada di ujung paling barat dan berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Nama Ngawi sendiri berasal dari Bahasa Sanskerta "Awi" yang berati bambu. Konon katanya Kabupaten Ngawi merupakan hutan bambu. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Kediri yang Wajib Dikunjungi 10 Tempat Wisata di Ngawi yang Wajib Dikunjungi 1. Kebun Teh Jamus sumber: kampoengngawi.com   Kebun Teh Jamus terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi yang berada di lereng Gunung Lawu. Kebun Teh Jamus sudah ada sejak jaman kolonial Belanda dahulu yaitu pada sekitar tahun 1800-an. Yang paling terkenal di Kebun Teh Jamus adalah Borobudur Hills. Disebut dengan Borobudur Hills karena jika dilihat dari atas bukit tersebut terlihat seperti Candi Borobudur yang ada d Magelang, Jawa Tengah. 2. Air Terjun Pengantin sumber: www.bantarangin.net    N

6 Pantai Tercantik di Padang, Sumatra Barat

6 Pantai Tercantik di Padang - Padang merupakan ibukota dari Provinsi Sumatra Barat. Penduduk asli Sumatra Barat merupakan Suku Minang. Sumatra Barat dikenal dengan beberapa masakan atau kuliner khasnya yang tidak hanya saja lezat tapi juga terkenal diseluruh dunia, salah satu contohnya adalah rendang. Bahkan rendang pernah menjadi makanan paling lezat di dunia berdasarkan polling yang pernah dilakukan oleh kantor berita internasional. Salah satu yang bisa dilakukan saat jalan-jalan ke Padang selain mencicipi kuliner khasnya tentu saja adalah mengunjungi pantai-pantainya yang cantik. Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit Paling Seru di Jakarta 6 Pantai Tercantik di Padang, Sumatra Barat 1. Pantai Pamutusan www.dwiaryanti.com Pantai Pamutusan terletak di kawasan Bungus Teluk Kabung yang berjarak sekitar satu jam perjalan menggunakan kapal cepat dari Kota Padang. Pantai Pamutusan merupakan salah satu pantai tersembunyi yang belum banyak diketahui orang. Pantai Pamutusan dikelil